Warga Sebut Akses Internet di Pontianak Lemot, Anies Janjikan Kecepatan 100 Mbps

Rabu, 27 Desember 2023 – 11:17 WIB
Anies Baswedan bersafari politik di Kalimantan Barat, Selasa (26/12). Foto: Tim Media AMIN

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah warga mengadukan mengenai jaringan internet yang lambat kepada calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

Hal itu diadukan warga saat agenda Desak Anies di Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (26/12).

BACA JUGA: AMIN Gagas Pinternet untuk Wujudkan Internet Cepat dan Merata

“Sinyal enggak beres, bagaimana solusi bapak supaya masyarakat Kalimantan internetnya juga cepat?” tanya salah satu warga kepada Anies.

Anies pun mempersilakan Co-captain Timnas AMIN yang juga pendiri Tokopedia Leontinus Alpha Edison untuk menjawab terkait masalah internet yang masih lambat.

BACA JUGA: Unggulkan eSIM Traveling 5G, JavaMifi Jadi Solusi Internet Antiribet di Luar Negeri

Menurut Leon, berdasarkan data yang diperoleh, dari 143 negara, Indonesia berada di peringkat ke-96 untuk kecepatan internet. Kecepatannya hanya 23 dari rata-rata 42 mbps.

“Kita cuma 23, kecil banget. Nah apa yang kami lakukan? Ini komitmen dari Pak Anies dan Pak Imin sampaikan, kami bikin program namanya pinternet, sudah disiapkan,” jawab Leon.

BACA JUGA: Sukarelawan Bagi Voucer Internet di CFD Solo, Ganjar: Saya Malah Enggak Tahu

Leon menuturkan bahwa AMIN berjanji bakal memberikan kuota yang mewah terutama untuk mahasiswa dijanjikan kuota 30 gigabita.

“Kedua, kan tadi internet lambat kan coba teman-teman bayangin bagaimana kalau rata-rata kecepatan internet yang teman dapatkan adalah 100 mbps,” kata dia.

Dia menjelaskan bahwa yang paling cocok untuk di negara kepulauan seperti Indonesia adalah sistem wireless.

“Nah kita harus perhatikan manajemen frekuensinya, kalau tidak diatur dengan baik, spesifikasinya tidak cocok maupun 3G-4G itu kita capainya susah,” kata dia.

Leon pun mengaku yakin bahwa Anies dan Cak Imin bisa menyediakan internet yang capai 100 mbps ketika terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Sementara itu, Anies menambahkan bahwa kemajuan internet merupakan bentuk kesetaraan yang mesti diberikan kepada warga negara

“Begitu ada akses internet maka semua akan punya gagasan, inivasi, kreativitas komersial itu bisa tersambungkan kepada pasar yang luas,” jelas Anies. (mcr4/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?


Redaktur : Budianto Hutahaean
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler