Warga Tiongha Hening Cipta untuk Gusdur

Selasa, 24 Januari 2012 – 13:40 WIB

LUBUK PAKAM-Warga keturunan etnis Tiongha di Lubuk Pakam rayakan tahun baru imlek 2012 dengan berbagai kegiatan, mulai dengan mengelar Imlek Fair oleh Yayasan Perguruan Dharma Bakti, dan kegiatan mengheningkan citpa bagi alm Gusdur, Senin (23/1).

Kegiatan mengheningkan cipta serta berdoa bagi mantan Presiden RI ke 4 almarhum Abdulrahman Wahid  atau lebih akrab disapa Gusdur itu, dipusatkan di Pekong Hua Kuang (Pekong Kucing) Jalan Sentosa, 00.00, dini hari, Senin (23/01).

Pimpinan Pekong Kucing, Herman Ahok (54) serta didampinggi kordinator acara Bani Chang (50) dan tokoh mayarakat setempat Aho (54), perayan imlek kali ini digelar dengan kesederhanaan. Tambahnya, warga keturunan Tiongha sangat bersukur pernah memiliki presiden seorang Gusdur.

"Karena beliaulah perbedaan yang ada selama menjadi bersatu. Perbedaan itu bersatu dalam membangunan bangsa, sehingga kedepan bangsa kita akan lebih kuat dari bangsa lain. kita tidak akan melupakan jasa Gusdur,"bilangnya.

Sihan Peang dan Alpin Cendrawasih warga keturunan tiongha yang ikut heningcipta itu, memandang positif kegiatan itu. Bahkan, mereka mengusulkan agar pihak penyelenggara kegiatan itu mengelar kegiatan yang sama setiap tahunnya.

"Semoga jasa Gusdur dapat dikenang sepanjang masa dan para keluarga besarnya tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa,"bilang mereka.

Sementara itu, Yayasan Sosial Dharma Bakti (YSDB) berkerjasama dengan Yayasan Perguruan Dharma Bakti (YPDB) yang berlokasi di jalan Bidan Desa Bakaran Batu Kecamatan Lubukpakam mengelar kegiatan imlek fair.
 
Imlek fair itu digelar tanggal 18-21, Januari. Pada malam, penutupannya dihadiri Wakil Kepala Kepolisian Sumatera Utara (Wakapoldasu) Brigjen Pol. Drs.Sahala Siallagan, Direktur Bank Sumut Gus Irawan, serta Ketua Matakin Sumut Andi Wiranata dan Perhimpunan Inti Tionghoa Tanjung Halim.

Sementara Bupati Deliserdang Amri Tambunan diwakili Staf Ahli Bupati, Parlaungan Lubis Kasat PJR Poldasu AKBP.Endang Hermawan SH, Kapolres Deliserdang AKBP.Wawan Munawar.

Pada siang harinya Senin (23/1), warga keturunan tiongha mendatangi sejumlah vihara yang tersebar di Lubuk Pakam. Disana, para warga keturunan itu, memanjatkan doa kepada dewa kesejahteraan agar diberikan kesehatan kemakmuran. (btr).
BACA ARTIKEL LAINNYA... Besok, Status Miranda Ditentukan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler