Warga Tokyo Patungan untuk Beli Pulau dari China

Kamis, 03 Mei 2012 – 10:01 WIB

TOKYO - Warga kota Tokyo, Jepang telah mengumpulkan dana sumbangan sebesar hampir USD 1 juta dolar (Rp9 miliar) untuk membantu pemerintah kota membeli serangkaian pulau kecil yang sedang diperebutkan oleh negeri matahari terbit itu dengan China. Pihak Pemkot Tokyo mengumumkan hal ini Rabu (2/5), setelah Wali Kota Shintaro Ishihara mencetuskan ide kontroversial ini kala kunjungannya ke Washington, Amerika Serikat bulan lalu.
 
Ishihara memang dikenal sebagai tokoh vokal yang sering mengeluarkan kritikan keras terhadap emerintah China. Idenya untuk membeli pulau-pulau di kawasan Laut China Timur yang sedang disengketakan oleh kedua negara, benar-benar memerahkan kuping pejabat Beijing.  

Pemerintah Tokyo memulai penggalangan dana itu hari Jumat (27/4) lalu dan sampai saat ini uang  yang terkumpul telah mencapai 76 milyar yen, atau sekira USD947,000. "Kami akan terus melakukan penggalangan dana ini,” ucap seorang pejabat kota. Dia juga mengatakan, pihak Pemkot Tokyo sama sekali tidak menentukan target berapa besar sumbangan yang harus dikumpulkan.

Serangkaian pulau kecil yang disengketakan itu oleh Pemerintah Jepang disebut Senkaku, sedangkan China menyebutnya Diaoyu. Gugusan pulau itu telah lama menjadi inti dari permasalahan sengketa wilayah yang menodai hubungan Jepang dengan China. Kepulauan yang berlokasi di 2.000 kilometer dari Tokyo itu disebut-sebut sangat kaya hasil laut dan memiliki kandungan minyak maupun gas yang tinggi.

Isihara mengatakan, dia telah memulai negosiasi untuk membeli pulau Uotsurijima, Kitakojima dan Minamikojima di kawasan pulau tak berpenghuni itu dari sebuah keluarga yang telah bertahun-tahun menyewakannya kepada Pemerintah Jepang. Pulau-pulau itu saat ini dimiliki oleh keluarga Kurihara yang membelinya beberapa dekade lalu dari keluarga pemilik yang lama.
Ishihara tidak menyebutkan  biaya yang dibutuhkan untuk membeli pulau-pulau tersebut. Dia hanya mengatakan bahwa  harganya tidak akan terlalu mahal.(afp/ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Feri India Tenggelam, 105 Tewas


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler