Warga Tulang Bawang Minta Ketua DKPP Dipecat

Selasa, 30 Oktober 2012 – 17:36 WIB
JAKARTA - Sekelompok warga dari Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung mendatangi kantor KPU dan Bawaslu. Kelompok yang menamakan diri Aliansi Solidaritas Masyarakat Tulang Bawang Untuk Keadilan (ASMTK) itu menuntut pemecatan Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Jimly Assidiqie.

"Kami minta Jimly Assidiqie dipecat dari DKPP," kata Koordinator aksi, Ahmad Wasil Purba kepada wartawan di depan Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (30/10).

Tuntutan tersebut terkait keputusan DKPP yang merekomendasikan pemecatan seluruh anggota KPUD Tulang Bawang, Provinsi Lampung. Keputusan tersebut dinilai tidak adil karena pelaksanaan pemilihan Bupati Tulang Bawang berlangsung aman dan sesuai ketentuan.

DKPP yang diketuai Jimly juga dinilai telah bertindak di luar wewenangnya. Alasannya, DKPP telah memberhentikan Sekretaris KPU Tulang Bawang yang notabene bukan anggota KPU melainkan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Padahal pemberhentian seorang PNS merupakan kewenangan di bawah koordinasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) bukan DKPP. Tindakan Jimly Ini merupakan sikap membabi buta, arogan, aneh dan patut kita pertanyakan," ujarnya.

Aliansi warga Tulang Bawang itu mendesak DKPP untuk mencabut putusannya yang bernomor 17/DKPP-PKE-I/2012. Mereka juga meminta DKPP mengembalikan jabatan kelima komisioner KPU Tulang Bawang. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Di Malaysia, 162 WNI Terancam Mati

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler