Warga yang Tenggelam di Kongbeng Ditemukan Meninggal Dunia

Selasa, 30 Juli 2024 – 18:45 WIB
Tim SAR melakukan evakuasi korban meninggal akibat tenggelam di Sungai Seleq Legun, Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Kaltim, Selasa (30/7/2024) (ANTARA/HO-Tim SAR Pos Sangatta)

jpnn.com - BALIKPAPAN - Seorang warga yang tenggelam di Sungai Seleq Legun, Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, ditemukan dalam keadaan meninggal dunia oleh Tim SAR Gabungan.

Zainal ditemukan meninggal dengan jarak 10 kilometer ke arah hilir sungai dari lokasi kejadian jatuh. Selanjutnya, korban dievakuasi ke rumah duka di Desa Marga Mulya, Kecamatan Kongbeng.

BACA JUGA: Tenggelam di Bendungan Watervang, Pelajar SMK Ditemukan Meninggal Dunia

"Tadi siang Tim SAR Gabungan menemukan korban atas nama Ali Zainal Mustofa (24) dalam keadaan meninggal," kata Kepala Seksi Operasi dan Siaga Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan Endrow Sasmita di Balikpapan, Selasa (30/7).

Adapun kronologi peristiwa berawal pada Minggu (28/7), sekitar pukul 14.30 Wita, Zaenal melakukan foto di tepi Sungai Seleq Legun. Namun, Zaenal terpeleset dan terjatuh ke sungai sehingga langsung terseret arus yang deras.

BACA JUGA: Basarnas Sebut Korban Kapal Samarinda Tenggelam Mencapai 57 Orang

Melihat kejadian tersebut, saksi atas nama Ronaldi berusaha menolong tetapi tidak bisa karena arus yang deras. Keduannya pun terseret arus sungai.

Ronaldi ditolong oleh Indah dan bisa terselamatkan, sedangkan Zaenal tidak dapat diselamatkan karena tak terjangkau.

BACA JUGA: Kapal Bawa 40 Penumpang Tenggelam di Anambas, 3 Orang Tewas

Selanjutnya, para saksi ini berusaha mencari bantuan ke warga setempat.

Lalu, sekitar pukul 17.00 WITA melapor kepada orang tua korban.

Kemudian, orang tua korban melaporkan kejadian ini di Polsek Kongbeng, untuk diteruskan ke Pos Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Kutim.

Sebelum penemuan korban, pencarian oleh Tim SAR Gabungan dibagi menjadi dua regu. 

Adapun regu pertama melakukan pencarian ke arah hilir menggunakan perahu karet Basarnas.

Sementara, regu kedua melakukan pencarian di sepanjang tepi sungai arah hilir.

Unsur tim gabungan ini, antara lain, Tim Rescue Pos SAR Sangatta, Polsek Kongbeng, PMK, Laskar Kebangkitan Kutai, keluarga korban, dan sejumlah unsur masyarakat.

"Perlengkapan yang digunakan tim sampai ke lokasi adalah truk personel, mobil penyelamatan, perahu karet, alat pencarian bawah air, perlengkapan selam, perlengkapan komunikasi, dan peralatan medis," kata Endrow. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler