Warna-warni Ban, Aneka Ragam Strategi

Minggu, 20 Maret 2011 – 10:20 WIB
Musim Formula 1 2011 dijamin punya warna-warni baruDibarengi dengan adu strategi yang variatif

BACA JUGA: Bogor Raya Taklukan PSM 2-0

Semua berkat hadirnya Pirelli.


Catatan AZRUL ANANDA

SEANDAINYA musim Formula 1 2011 nanti berlangsung mendebarkan, semua penggemar mungkin harus berterima kasih kepada Pirelli
Produsen ban Italia itu telah hadir menggantikan Bridgestone, dan telah menyediakan ban yang mampu membuat para engineer dan mekanik (serta pembalap) garuk-garuk kepala.

Sejak awal, Pirelli sudah berniat menyediakan ban yang lebih gampang "habis," memaksa terjadinya lebih banyak pit stop untuk menghibur penggemar.

Sepanjang uji coba, banyak komplain disampaikan oleh pembalap dan tim gara-gara ban yang cepat "habis" itu

BACA JUGA: Suarez Paling Dibenci di Ghana

Namun, Pirelli tetap cuek menjalankan misinya.

Menurut Pedro de la Rosa, yang sempat jadi test driver untuk Pirelli, strategi lomba sekarang tidak bisa lagi ditentukan dengan mudah
Tahun lalu, semua sudah tahu kalau pembalap hanya akan melakukan satu kali pit stop

BACA JUGA: Didera Badai Cidera

Tinggal menunggu kapan (lap berapa).

Tahun ini, strategi harus melihat situasi di lintasan saat lomba berlangsungBisa saja rencananya dua kali stop, tapi lantas terpaksa melakukan tiga kali stopBukan tidak mungkin, harus melakukan empat kali stopKata De la Rosa, ketahanan dan performa Pirelli benar-benar membuat pembalap harus bekerja dan berpikir keras.

Ban Pirelli, jelasnya, akan mengalami degradasi linear, tapi lantas tiba-tiba mengalami drop performa sangat signifikanPembalap akan merasakannya dengan cepat, lebih cepat daripada tim melihat melambannya catatan waktu di monitor.

Ketika itu terjadi, kapan masuk pit bukan lagi mengikuti strategi sebelum lombaPembalap harus ikut cepat memutuskan"Kalau terlambat satu atau dua lap saja, pembalap bisa kehilangan lima sampai enam detik," ungkap De la Rosa, seperti dilansir Autosport.

Selain degradasi ban yang bakal bikin deg-degan, ada alasan lain mengapa tim dan pembalap tidak bisa lagi terlalu mengandalkan strategiYaitu warna tulisan "Pirelli" dan "Pzero" di dinding ban.

Dulu, semua ban memakai warna dinding yang samaPaling hanya ada garis hijau membedakan jenis ban satu dengan yang lainSekarang, Pirelli sudah menyiapkan enam warna dinding yang berbedaJadi, tim makin sulit merahasiakan strategi pemakaian ban!

Jangankan tim, berkat "keterbukaan" Pirelli ini, penonton pun sekarang bisa membedakan ban yang dipakai dan mengira-ngira strategi!

Enam warna itu antara lain: Oranye untuk wet (basah), biru muda untuk intermediate (semi-basah), merah untuk supersoft, kuning untuk soft, putih untuk medium, dan silver untuk hard.

Ketika merilis daftar warna itu, Pirelli menegaskan niatan untuk semakin mewarnai F1"Kami sangat excited bisa kembali ke F1 setelah 20 tahun pergiDan kami berniat jadi partner yang proaktif dan memberi warna di F1," tandas Paul Hembery, bos balap Pirelli.

Untuk tiga lomba pertama 2011, Pirelli berniat membawa ban hard dan softJadi, di lomba perdana di Australia, 27 Maret nanti, bersiap-siaplah melihat pemakaian ban silver dan kuning, lalu ikut bermain strategi bersama tim dan pembalap! (*)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prandelli Bisa Coret De Rossi-Balotelli


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler