Waspada 5 Penyakit yang Menyerang Saat Tubuh Kelelahan

Jumat, 19 April 2019 – 11:07 WIB
Lelah. Ilustrasi. Foto HealthyCare

jpnn.com - Indonesia baru saja merayakan pesta demokrasi dengan penyelenggaraan Pemilu 2019 pada hari Rabu (17/4) kemarin. Warga pun berbondong-bodong memberikan suaranya demi masa depan Indonesia di TPS yang sudah ditentukan.

Sayangnya, Pemilu kemarin juga menyisakan duka bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Dua anggotanya dilaporkan meninggal dunia. Apa kira-kira penyebab kematiannya, apakah karena kelelahan atau tekanan pekerjaan?

BACA JUGA: Sering Kelelahan, Selalu Pertanda Gejala Diabetes?

Dua anggota KPPS yang dilaporkan meninggal dunia pada hari pemungutan suara adalah ketua KPPS di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, dan ketua KPPS di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. 

Sebetulnya penyebab kedua petugas KPPS meninggal dunia tersebut tidak diketahui. Namun menurut sejumlah informasi yang dilansir beragam media, mereka dikatakan mengalami kelelahan, sehingga fisik menjadi drop.

BACA JUGA: 4 Cara Atasi Kelelahan bagi Petugas Pemilu Usai Pencoblosan

Dan kondisi ini menjadi semakin fatal jika orang tersebut sudah memiliki penyakit sebelumnya.

Ancaman kelelahan memang sering terjadi pada orang yang memiliki aktivitas yang intens. Tahukah Anda bahwa kelelahan dan tekanan psikis dapat memicu berbagai gangguan kesehatan?

BACA JUGA: Kenali 7 Tanda Anda Kurang Protein

Mulai dari gangguan kesehatan ringan sampai penyakit yang dapat mengancam nyawa. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa timbul akibat kelelahan.

1. Penyakit jantung

Saat ini, penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian nomor satu. Penyakit jantung bisa datang bagai petir di siang bolong, karena dapat menyerang secara mendadak tanpa tanda yang khas sebelumnya.

Penyakit jantung koroner adalah penyakit yang terjadi akibat sumbatan pembuluh darah jantung oleh plak aterosklerosis.

Plak ini dapat tumbuh akibat berbagai faktor risiko, seperti adanya diabetes, tekanan darah tinggi, dan gangguan kolesterol. Stres psikis juga dapat mempercepat terjadinya plak ini.

Jika Anda memiliki plak aterosklerosis dan Anda mengalami kelelahan atau stres psikis yang berat, plak ini dapat pecah dan menyumbat pembuluh darah secara mendadak. Perlu diketahui, penyakit ini juga dipengaruhi oleh banyak faktor lain seperti gula darah dan tekanan darah tinggi. Jika Anda punya kondisi seperti ini, jangan paksakan diri Anda untuk bekerja, ya!

2. Infeksi virus

Jika sedang kelelahan, maka sistem pertahanan tubuh juga dapat turun. Ketika ini terjadi, maka tubuh jadi lebih rentan terkena berbagai infeksi virus.

Berbagai gejala yang dapat timbul akibat infeksi virus adalah gejala yang tidak spesifik seperti demam, nyeri otot, dan infeksi tenggorokan. Untuk infeksi virus yang menyebabkan gejala tersebut, istirahatlah secara cukup dan pastikan Anda mengonsumsi makanan yang bergizi.

3. Depresi

Semua orang rentan terkena stres psikis yang dapat menyebabkan depresi. Bagi Anda pekerja kantoran, tekanan psikis dapat timbul akibat berbagai hal. Baik itu karena deadline pekerjaan, kelelahan, tekanan dari atasan atau hubungan dengan teman sekantor. Untuk petugas KPPU, stres psikis juga bisa terjadi selama mengurus lancarnya pemungutan suara mulai dari pendataan, urusan administratif, hingga pelaksanaannya.

Menurut American Psychological Association, pekerja yang mengalami stres berlebih cenderung menjalani pola hidup yang tidak sehat seperti makan berlebihan, mengonsumsi makanan yang tidak sehat, merokok, dan penyalahgunaan obat-obatan.

Jika Anda mulai merasa adanya gejala kehilangan minat, mudah lelah, atau rasa bersalah, maka Anda patut waspada. Segera diskusikan keluhan Anda dengan teman atau keluarga terdekat untuk meringankan beban yang dirasakan.

4. Dehidrasi

Kelelahan dapat menyebabkan Anda tidak memperhatikan asupan cairan yang cukup. Padahal, cairan penting untuk menjaga kinerja tubuh. Jika kekurangan cairan, maka Anda akan merasa lemas dan tidak berenergi. Dalam jangka panjang, kekurangan cairan dapat menyebabkan kulit kering dan gangguan organ, misalkan ginjal.

Pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan cairan setiap hari. Pada tiap orang kebutuhannya berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, intensitas aktivitas, dan berat badan. Pria dianjurkan untuk memiliki asupan cairan sebanyak 3,7 liter, sedangkan wanita sebanyak 2,7 liter per hari.

5. Anemia

Anemia adalah keadaan sel darah merah berada pada nilai di bawah normal. Seseorang dengan tingkat kesibukan tinggi dan kerap merasa kelelahan juga mungkin punya anemia.

Anemia dapat terjadi karena beberapa faktor, misalkan kekurangan besi. Asupan besi yang cukup didapatkan dari makanan yang bergizi, misalkan daging, ikan, dan telur.

Karenanya, meski sedang super sibuk, tetapi jangan sampai mengabaikan konsumsi makanan bergizi, ya!

Ada beberapa penyakit yang dapat menyertai saat tubuh sedang kelelahan, dan lima yang disebut di atas adalah di antaranya.

Maka dari itu, selalu utamakan kesehatan dan hindari pola hidup tidak sehat, seperti merokok. Bekerja keras tentu boleh, tetapi jangan sampai membuat tubuh fisik dan mental lelah, yang sampai menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.(RN/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengaruh Mimpi Terhadap Kualitas Tidur


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler