Waspada, ini 3 Ciri Penyakit Jantung pada Pria

Kamis, 15 Agustus 2019 – 23:11 WIB
Sakit jantung. Foto : Pixabay

jpnn.com - Tahukah Anda, bahwa seorang pria lebih rentan kena sakit jantung ketimbang wanita? Untuk itu Anda wajib mengetahui ciri penyakit jantung pada pria. Oleh karena penyakit jantung adalah kondisi gawat darurat yang bisa mengancam nyawa, penderitanya harus segera mendapatkan pertolongan. 

Penyakit jantung itu sendiri adalah kondisi di mana jantung kehilangan oksigen karena adanya sumbatan pada arteri yang memberikan suplai darah untuk jantung. Kondisi ini bisa membuat jantung berhenti seketika, sehingga nyawa penderita bisa terancam jika terlambat mendapat pertolongan.

BACA JUGA: Seperti ini Cara Tekan Defisit BPJS Kesehatan Jangka Panjang

Penyakit jantung bisa terjadi pada siapa saja, namun lebih sering ditemukan pada pria. Fakta terbaru menyebutkan bahwa saat ini penyakit jantung tidak hanya menyerang pria berusia tua, tapi juga pada pria yang masih berusia muda.

“Penyakit jantung pada pria saat ini semakin menyerang usia yang lebih muda. Jika dulu usia 40 atau 50 tahun, sekarang usia 30 tahun sudah bisa kena penyakit jantung. Khususnya pria, karena memang dari data epidemiologi menunjukan bahwa orang yang sering terkena penyakit jantung itu adalah pria yang ada di usia muda,” ujar dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter. 

BACA JUGA: Keseringan Malas Gerak, Waspadai 4 Penyakit Ini

Ciri penyakit jantung pada pria
Penyakit jantung koroner merupakan penyebab utama terjadinya serangan jantung. Menurut dr. Alvin, seseorang yang mengalami kondisi ini akan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

1. Nyeri dada sebelah kiri

BACA JUGA: Hindari Penyakit Jantung dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Jantung berada di dada sebelah kiri. Apabila muncul rasa nyeri di bagian tersebut, ini bisa jadi pertanda bahwa ada yang salah dengan kesehatan jantung Anda. 

Berdasarkan penuturan dr. Alvin, rasa nyeri yang muncul umumnya akan terasa seperti ditekan, ditindih benda berat dan diremas. Tidak hanya itu, karena posisi jantung yang ada di sebelah kiri, rasa nyeri juga bisa menjalar ke bagian tubuh sebelah kiri, seperti lengan, leher dan punggung. 

“Jika mengalami kondisi ini, segera periksakan diri ke dokter untuk diagnosis lebih lanjut. Sebab, nyeri dada sebelah kiri tak hanya disebabkan oleh penyakit jantung, tapi juga gangguan pada lambung,” kata dr. Alvin.

2. Sesak napas

Akibat gagal memompa darah ke seluruh tubuh termasuk jantung, penderita penyakit jantung biasanya akan mengalami sesak napas. Jika hal ini sampai terjadi pada diri Anda, jangan panik atau bergerak terlalu banyak. Lebih baik bersikap tetap tenang dan berusaha untuk bernapas dengan normal. 

“Tarik napas dan embuskan melalui mulut. Ulang beberapa kali sampai sesak menghilang,” dr. Alvin memberikan saran.

3.Berurusan dengan faktor risiko

Anda mungkin mengalami penyakit jantung jika sering berurusan dengan faktor risiko kondisi terkait. Dikatakan dr. Alvin, pria perokok mungkin mengalami penyakit jantung tanpa disadari. Sebab, rokok mengandung zat berbahaya yang jika masuk ke dalam tubuh mampu merusak sistem organ, termasuk jantung dan sel darah yang berfungsi menyuplai oksigen ke jantung. 

“Selain itu, adanya penyakit diabetes, obesitas atau kegemukan, pola makan tidak teratur, dan sangat jarang beraktivitas juga memungkinkan seseorang terkena penyakit jantung tanpa disadari,” pungkas dr. Alvin. 

Penyakit jantung adalah kondisi yang tergolong sulit untuk dideteksi sejak dini. Oleh karena itu, jika Anda merasa mengalami hal-hal yang berkaitan dengan penyakit ini, berkonsultasilah lebih lanjut pada dokter agar bisa mengetahui diagnosis pasti. 

Beberapa ciri penyakit jantung pada pria – seperti dipaparkan di atas – harus Anda waspadai. Untuk mencegah serangan jantung, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan, mengurangi kebiasaan merokok, dan berolahraga secara rutin. Jika Anda merasakan ciri penyakit jantung di atas segera ke dokter agar mendapatkan diagnosis yang akurat.(NB/ RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 6 Makanan Tidak Biasa yang Menyehatkan Jantung


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler