Waspada, Ini 6 Bahaya Kesehatan Duduk Terlalu Lama, Nomor 3 Bikin Merinding

Rabu, 08 Desember 2021 – 06:37 WIB
Wanita Karier. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - SALAH satu pola gaya hidup tidak sehat yang banyak dilakukan orang saat ini adalah menetap atau sedentary.

Pola menetap seperti duduk terlalu lama ini sebenarnya tidak sehat.

BACA JUGA: Apakah Duduk Terlalu Lama Sebabkan Wasir?

Bagi pekerja kantoran, pola duduk terlalu lama yang mengharuskan mereka bekerja dengan komputer atau laptop selama 8 jam lebih bisa menimbulkan efek berbahaya untuk kesehatan.

Banyak ahli kesehatan menyarankan agar Anda melakukan peregangan setiap 20 menit saat bekerja.

BACA JUGA: Kiat Mengatasi Bahaya Duduk Terlalu Lama

Berikut ini beberapa bahaya kesehatan duduk terlalu lama, seperti dikutip laman Prevention.

1. Depresi dan kecemasan

BACA JUGA: Gaya Hidup Didominasi Duduk dan Rebahan Berbahaya! Lakukan Langkah ini

Semakin lama Anda duduk di tempat kerja, semakin besar risiko Anda, bahkan jika kamu sering olahraga.

Penelitian lain menunjukkan semakin banyak orang bergerak sepanjang hari, maka akan semakin bahagia mereka.

2. Sakit punggung dan leher

" Hanya duduk selama empat jam bisa memengaruhi cakram kunci di punggung bawah Anda," kata Gregory Billy, M.D., profesor ortopedi dan rehabilitasi di Penn State University.

Postur tubuh yang buruk juga bisa menyebabkan masalah cakram di leher Anda, seperti cakram hernia.

3. Kanker

Risiko kanker usus besar dan endometrium meningkat bahkan setelah memperhitungkan olahraga, mungkin karena peradangan, penambahan berat badan, dan perubahan lainnya.

Satu ulasan dalam Journal of National Cancer Institute melaporkan untuk setiap tambahan dua jam per hari yang dihabiskan untuk duduk, risiko masing-masing melonjak 8 persen dan 10 persen untuk kanker usus besar dan kanker endometrium.

4. Obesitas, diabetes, dan gangguan jantung

Ya, Anda membakar lebih sedikit kalori dengan duduk, tetapi juga kemampuan hormon insulin untuk memindahkan glukosa dari darah dan masuk ke dalam sel bisa menurun ketika Anda duduk dalam waktu lama.

5. Tulang lemah

Olahraga menahan beban, termasuk berdiri dan berjalan, menekan kerangka Anda dengan cara yang baik, menandakan sel-sel khusus untuk menggantikan jaringan tulang lama dengan yang baru.

Ketika Anda terlalu banyak duduk, tubuh mengganti lebih sedikit dari apa yang hilang, yang menyebabkan tulang rapuh dan risiko osteoporosis yang lebih besar, terutama seiring bertambahnya usia.

6. Pembekuan darah

Aliran darah yang lambat di kaki dari gaya hidup yang tidak banyak bergerak, mungkin bersama dengan tingkat protein pencegah gumpalan yang lebih rendah, meningkatkan risiko pembekuan darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal menemukan wanita yang duduk selama lebih dari 40 jam per minggu memiliki risiko lebih dari dua kali lipat gumpalan bergerak ke paru-paru mereka dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari 10 jam.(fny/jpnn)


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler