Waspada, Perpindahan Penduduk Meningkatkan Kasus Covid-19 di Beberapa Negara

Selasa, 11 Mei 2021 – 19:33 WIB
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dokter Relawan Covid-19 Fajri Addai mengingatkan masyarakat bahwa pandemi terjadi di seluruh dunia. Angka peningkatan kasus Covid-19 di berbagai negara mengalami peningkatan.

Menurut dia, pergerakan penduduk yang dilakukan saat perayaan keagamaan, membuat angka penularan Covid-19 di berbagai negara terus meningkat.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Heboh OTT Bupati Nganjuk, Jokowi Langsung Telepon Menteri, Kodam Kerahkan Ribuan Tentara

"Peningkatan luar biasa di beberapa negara karena perpindahan penduduk secara cepat," kata dokter dari IDI Jakarta Pusat itu dalam diskusi virtual yang disiarkan YouTube akun BNPB Indonesia, Selasa (11/5).

Fajri menyebut India sebagai negara yang mengalami peningkatan cepat penularan Covid-19. Dalam sehari 400 ribu orang dinyatakan tertulari Covid-19 di negara beribu kota New Delhi itu.

BACA JUGA: Satgas Covid-19: Zona Oranye Didominasi Provinsi Tujuan Mudik

Selain India, kata dia, peningkatan angka Covid-19 juga terjadi di Nepal, Cili, Brasil, Kamboja, Myanmar, dan Malaysia.

"Di Malaysia sekarang krisis ICU," ujar Fajri.

BACA JUGA: Simak Imbauan Penting dari Satgas Covid-19 Soal Ibadah pada Idulfitri

Alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta itu menuturkan pembeberan kenaikan kasus Covid-19 di beberapa negara bukan upaya menakuti masyarakat. Terutama, menyambut Idulfitri 1442 Hijriah yang biasanya diisi umat dengan mudik. 

"Poinnya adalah bukan narasi ketakutan, tetapi narasi kewaspadaan," ungkap Fajri.

Dia berharap masyarakat memikirkan ulang langkah mudik pada Idulfitri 1442 Hijriah. Toh, pemerintah pusat telah melarang mudik demi menekan penularan Covid-19.

"Kalau saya sayang sama nenek saya, saya belum bisa nemuin. Jadi kalau sudah terlanjur datang ke kampung halaman, jangan lupa protokol kesehatan," beber dia. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : Natalia
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler