Waspadai Angin Kencang Hingga Januari

Rabu, 02 Januari 2013 – 01:14 WIB
MAKASSAR – Fenomena hujan deras disertai angin kencang akan melanda wilayah Sulsel hingga penghujung Januari 2013 ini. Karena itu, pihak Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan cuaca ekstrem ini.

“Musim hujan di Sulsel akan terjadi hingga Maret, tapi sampai akhir bulan ini (Januari, red) masyarakat harus siaga,” tandas Bagian Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Andi Cahyadi seperti dilansir FAJAR (JPNN Group), Rabu (2/1).

Sepanjang hari kemarin, Makassar dilanda cuaca ekstrem. Akibatnya, selain banyaknya pohon tumbang, genangan setinggi satu meter terjadi di sejumlah permukiman dan ruas jalan.

Andi Cahyadi menjelaskan, musim hujan di Makassar dan Sulsel pada umumnya terjadi mulai Desember 2012 hingga Maret 2013 ini. Namun, khusus fenomena hujan deras dan angin kencang, kata dia, itu akan terjadi sepanjang bulan Januari.
   
Kecepatan angin saat ini yang melanda wilayah Makassar dan Sulsel, lanjut Cahyadi, rata-rata 68 kilometer per jam. Potensi angin kencang itu, mulai terjadi sekitar pukul 13.00  hingga sore hari.
   
Dia menambahkan, Selain Makassar, wilayah di Sulsel yang rawan terkena angin kencang juga di Kabupaten Jeneponto,  Takalar, Maros, Pangkep, dan Barru. "Kalau daerah Bulukumba dan Sinjai, intensitas hujannya tidak terlalu besar," kuncinya. (kas/sil)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pariwisata Diprediksi Tumbuh 7-10 Persen

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler