Waspadai Cuaca Buruk, Utamakan Keselamatan Pelayaran

Sabtu, 05 Januari 2019 – 12:04 WIB
Cuaca mendung. Foto: Radar Nunukan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah merilis informasi terkait peringatan dini gelombang tinggi yang akan terjadi di Perairan Selatan Kalimantan, Laut Jawa dan Perairan Utara Jawa Tengah.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo mengingatkan agar semua pihak, baik operator dan masyarakat pengguna jasa transportasi laut mewaspadai terjadinya cuaca buruk.

BACA JUGA: Cuaca Buruk, Baru Dua Kapal Penumpang yang Diizinkan Melaut

"Cuaca buruk yang mengakibatkan gelombang tinggi masih terjadi di sejumlah perairan Indonesia. Ini harus diwaspadai oleh operator dan masyarakat. Selalu mengutamakan keselamatan pelayaran dan ikuti petunjuk petugas di pelabuhan," ujar Agus dalam siaran persnya, Sabtu (5/1).

Agus juga menginstruksikan kepada para petugas di pelabuhan agar selalu memberikan informasi kepada calon penumpang kapal terkait kondisi cuaca dan jadwal keberangkatan kapal.

BACA JUGA: Gelombang Tenang, Kapal Mulai Berlayar dari Tanjung Perak

Bagi masyarakat yang akan berlayar juga harus diberikan pengertian kepada calon penumpang terkait keselamatan pelayaran jika ada penundaan keberangkatan kapal.

"Ini harus terus diedukasi agar masyarakat semakin sadar bahwa pemerintah sangat peduli dengan keselamatan pelayaran yang harus didukung oleh operator kapal dan tentunya masyarakat," jelas Agus.(chi/jpnn)

BACA JUGA: Karena Cuaca Buruk, Pelayaran Gresik - Bawean Dilarang

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ditjen Hubla Terbitkan Maklumat Pelayaran Cuaca Ekstrem


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler