Waspadalah! Kebotakan Bisa Menimbulkan Kematian

Senin, 11 Mei 2015 – 20:15 WIB
foxnews

jpnn.com - LONDON- Kebotakan selama ini hanya dianggap sebagai masalah yang berkaitan dengan penampilan. Padahal, kebotakan memiliki risiko yang menakutkan. Pria botak bisa mengalami kematian akibat kanker prostat.

Peneliti menganalisis informasi dari lebih dari empat ribu pria Amerika yang berusia antara 25-74 tahun. Analisis dilakukan tim dokter berdasarkan kriteria tidak, hampir dan botak total.

BACA JUGA: Tips Menghilangkan Dagu Ganda Karena Kegemukan

Pria dengan tingkat botak yang mencapai 56 persen lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker prostat.  Temuan mendukung hipotesis bahwa proses biologis memengaruhi kebotakkan dan kanker prostat.

Salah satu teori adalah tingginya kadar hormon laki-laki (seperti testosteron) memainkan peran pada kedua kondisi ini. Pria dengan pola kebotakan memiliki tingkat hormon yang lebih tinggi. Hormon ini juga memicu pertumbuhan sel kanker prostat.

BACA JUGA: Penyakit Orang Kota, 71 Persen Kematian Disebabkan Penyakit Degeneratif

"Kami masih perlu melakukan penelitian lanjutan agar kami bisa membuat rekomendasi tentang skrining pria untuk kanker prostat berdasarkan temuan ini," kata penulis studi Cindy Zhou, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (10/5).

Studi sebelumnya menemukan, pria yang mulai botak di usia 20an tahun berada pada risiko tinggi terkena kanker prostat daripada pria yang tidak kehilangan rambut mereka pada usia yang sama. (fny/jpnn)

BACA JUGA: Aksi Laki Tumpahkan Sejuta Kantong Darah

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hiiii... Jenggot Lebih Kotor Dari Toilet


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler