Wejangan Prof Mahfud MD: Jangan Takut Berpolitik

Kamis, 20 Agustus 2020 – 15:38 WIB
Menko Polhukam Mahfud MD, mengenakan pakaian adat Madura, Baju Sakera, saat mengikuti Peringatan HUT Ke-75 RI di kantornya, Senin (17/8/2020). Foto: ANTARA/HO-Humas Kemenko Polhukam

jpnn.com, JAKARTA - Menter Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukkam) Prof Mahfud MD memberikan wejangan soal berpolitik.

Lewat Twitter, Prof Mahfud mengatakan ketika ada sekelompok orang berkumpul dan membuat statemen dituding sebagai gerakan politik, yang dituding bilang bukan politik.

BACA JUGA: Para Tokoh KAMI, Silakan Baca Tulisan Mahfud MD

Sebenarnya, lanjut Mahfud, yang menuding dan yang dituding sama-sama berekspresi politik karena berbicara tentang negara. "Salah satu asal kata politik adl "polis" (Yunani) yg berarti negara," tulis dia di akun @mohmahfudmd.

Menurut Mahfud, sama halnya ketika berbicara atau membuat petisi tentang kebijakan negara, hal itu merupakan ekspresi politik. Sehingga, kata dia, tidak perlu menolak dengan mengatakan "ini bukan politik".

BACA JUGA: Mahfud MD Sebut Soekarno Bukan Penganut Sekularisme, Tetapi

"Salah satu asal kata politik adl "policy" yg berarti kebijakan. Kalau berbicara ttg kebijakan berarti bcr berpolitik," jelasnya.

Karena itu, mantan ketua Mahkamah Konstitusi, ini mengingatkan tidak perlu takut untuk dikatakan berpolitik. Sebab, berpolitik itu berarti bernegara, atau ikut memikirkan negara.

BACA JUGA: Mahfud MD Kenakan Baju Sakera, Gagah, Bebas

"Yg hrs dipahami berpilitik itu tdk sama dgn berpartai politik. Berpartai politik itu hanya sebagian kecil dari aktivitas politik," kata mantan anggota DPR ini. (boy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Mahfud MD   Politik   Twitter  

Terpopuler