Wow! Lukisan Yesus Ini Laku Dilelang Rp 6 Triliun

Kamis, 16 November 2017 – 19:37 WIB
Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci. (Foto: AFP)

jpnn.com, NEW YORK - Sebuah lukisan yang diyakini sebagi karya Leonardo da Vinci laku dengan harga fantastis. Lukisan Kristus berjudul 'Salvator Mundi' (Juru Selamat Dunia) itu terjual dengan harga USD 450 juta atau setara Rp 6 triliun dalam sebuah lelang di New York, Amerika Serikat.

Dilelang di Balai Lelang Christie, penawaran dibuka dari harga USD 100 juta dan berakhir di angka USD 400 juta. Plus biaya-biaya lain, pemenang lelang harus membayar USD 450,3 juta. Fantastis.

BACA JUGA: Setya Novanto is Missing, Ini Kata Media Asing

Namun, meski harganya selangit, proses lelang berlangsung cepat. Hanya 20 menit, lelang yang berlangsung seru itu berakhir dengan ketukan palu.

Lukisan itu menunjukkan sosok Kristus dengan satu tangan terangkat dan yang lain memegang bola kaca. Pada tahun 1958 lukisan itu dijual di rumah lelang di London dengan harga hanya GBP 45 (Rp 800 ribu).

BACA JUGA: Indonesia Berbagi Pengalaman Menangani Karhutla

Saat itu, lukisan tersebut diklaim sebagai bikinan penggemar Da Vinci. Namun, setelah melewati serangkaian penelitian, lukisan itu dipastikan sebagai karya Da Vinci.

Ketika Salvator Mundi muncul kembali pada tahun 2005, dunia melabelinya sebagai Leonardo yang Hilang.

BACA JUGA: Menteri Siti Ingatkan Pentingnya Hutan Tropis Untuk Dunia

Setelah tur singkat keliling dunia dengan pemberhentian di Hongkong, San Francisco, dan London, lukisan itu pun dilelang.

Karya tersebut diyakini hanya satu dari 20 lukisan Da Vinci yang dibikin sekitar tahun 1500 dengan menggunakan teknik layering yang sangat rumit. Saking rumitnya, butuh waktu tahunan untuk menyelesaikan satu lukisan.

Di antara lukisan dongeng Da Vinci yang juga seorang penemu yang brilian, Perjamuan Terakhir (The Last Supper) dan Mona Lisa,

”Ini adalah lukisan suci. Beberapa orang menyebutnya Mona Lisa laki-laki,” kata Francois de Poortere, kepala departemen Old Masters di Balai Lelang Christie kepada USA TODAY.

Lukisan itu dijual orang kepercayaan miliarder Rusia Dmitry E Rybolovlev. Dilaporkan kalau keluarga kaya raya itu membelinya dalam penjualan pribadi pada Mei 2013 seharga USD 127,5 juta (setara Rp 2,3 triliun).

Lukisan itu pernah menjadi menjadi milik Raja Charles I dari Inggris pada tahun 1500-an. (tia/AFP/USA today/BBC/ce1/JPC)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dua Pekan Blokade Saudi, Begini Kondisi Yaman Sekarang


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler