Wuuuihh..Kunjungan Raja Salman Catat Rekor

Senin, 27 Februari 2017 – 12:52 WIB
Raja Salman Abdulaziz Al-Saud. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com -Rencana kunjungan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulziz al-Saud mendapat sambutan hangat dari masyarakat Indonesia.

Ini merupakan kunjungan strategis di tengah perubahan yang tengah melanda dunia.

BACA JUGA: Raja Salman Datang, Semoga Antre Haji Tak Lagi Panjang

“Ini sekaligus tercatat dalam sejarah sebagai kunjungan seorang kepala negara dengan delegasi terbesar yang pernah berkunjung ke Indonesia,” kata anggota Komisi I DPR Fraksi PDI Perjuangan Andreas Hugo Pareira, Senin (27/2).

Dia mengatakan, kunjungan strategis ini mempunyai arti multidimensi.

BACA JUGA: Setya Novanto Pastikan Kursi Terbaik untuk Raja Salman

Dari aspek ekonomi kunjungan ini diikuti oleh delegasi pemerintah, 10 menteri dan pangeran-pangeran yang mempunyai otoritas penting dalam kerja sama ekonomi dan investasi.

Rencana investasi puluhan miliar dollar Amerika Serikat kiranya akan mempererat hubungan kerja sama ekonomi kedua negara.

BACA JUGA: Raja Salman Datang, Empat Hal Ini Perlu Dibahas

Dari aspek politik kunjungan ini mempunyai nilai strategis mengingat Arab Saudi adalah middle power di Timur Tengah, sebagaimana halnya Indonesia di Asia Tenggara.

“Kerja sama dan peningkatan hubungan bilateral antarkedua negara akan menjadi faktor yang menentukan stabilitas di kedua kawasan,” katanya.

Andreas menambahkan, dari aspek agama dan budaya, kerja sama yang erat antarkedua negara akan meningkatkan kualitas kehidupan agama dan peradaban muslim di dunia.

Hal ini mengingat Arab Saudi sebagai pusat peradaban muslim dunia, dan Indonesia merupakan negara demokrasi Pancasila dengan populasi muslim terbesar di dunia.

Membangun kerjasama di bidang agama dan kebudayaan diharapkan tentu akan menghasilkan pemahaman yang sama antarkedua negara yang tentunya akan menjadi barometer bagi perdamaian dunia.

“Khususnya masyarakat muslim dunia,” kata Andreas. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sambut Raja Salman, Lift dan Toilet di Istiqlal Berubah


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler