Xavi Mulai Latihan Ringan

Senin, 25 Maret 2013 – 08:16 WIB
MADRID - Tanpa Xavi Hernandez yang cedera hamstring, timnas Spanyol kehilangan sosok pengatur serangan. Santi Cazorla dan Cesc Fabregas yang menggantikan perannya kurang optimal. Hasilnya, mereka ditahan seri tim lemah Finlandia 1-1 (23/3).

Ketiadaan Xavi memang bukan satu-satunya alasan. Sebab, Spanyol juga tidak menurunkan kapten Iker Casillas dan bek senior Carles Puyol yang cedera. Namun, peran Xavi memang sangat vital bagi Spanyol dalam beberapa tahun terakhir.

Untungnya, jelang melawan Prancis Rabu dini hari (27/3), kondisi Xavi terus membaik. Playmaker Barcelona itu absen sejak mengalahkan AC Milan pada second leg babak 16 besar Liga Champions (12/3) sudah mulai berlatih.

Seperti dilansir Sport.es, dalam latihan tertutup kemarin, Xavi sudah mulai menjalani latihan ringan. Dia terlihat berlatih bersama gelandang Real Madrid Xabi Alonso. Sama seperti Xavi, Alonso juga absen ketika melawan Finlandia karena tidak fit.

Keduanya hanya menjalani latihan ringan dan terpisah dari kelompok. Namun, Xavi mengaku sudah tidak lagi merasakan sakit di kaki kanannya. Hanya, pelatih Spanyol Vicente Del Bosque belum mendapatkan jaminan apakah Xavi bisa bermain.

Biar begitu, saat rombongan La Furia Roja, julukan Spanyol, berangkat ke Paris, hari ini, Xavi dan Alonso ikut serta. Kondisi fisik mereka akan dipantau jelang pertandingan.

"Semuanya bergantung pada tes sehari sebelun pertandingan. Bila cukup fit, maka siap bermain," begitu keterangan di situs resmi timnas Spanyol.

Xavi dan Alonso telah menjadi bagian penting dari Spanyol sejak menjuarai Euro 2008, kemudian dilanjutkan dengan Piala Dunia 2010 dan Euro 2012. Pada Euro 2012, performa Xavi agak menurun, tetapi tetap memiliki peran vital.

Pada usianya yang sudah 33 tahun ini, dia memang lebih rentan cedera. Musim ini dia dua kali mengalami cedera hamstring beruntun. Sebelum dan sesudah melawan Milan di second leg babak 16 besar Liga Champions.

Di Barcelona, pemain yang diproyeksikan menggantikan perannya adalah Cesc Fabregas dan Thiago Alcantara. Fabregas bergabung di timnas, sedangkan Alcantara masih lebih sering dipanggil ke timnas Spanyol U-21. (ham)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Gerrard: Lupakan Kemenangan 8-0

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler