Yakin Incumbent Bisa Dikalahkan

Senin, 10 Agustus 2015 – 04:46 WIB

jpnn.com - TASIK - Ketua DPC Gerindra Kabupaten Tasikmalaya H Ujang Abdul Hak mengatakan bukan masalah berat untuk mengalahkan pasangan Uu-Ade. Dia juga meyakini pasangan incumbent itu masih bisa diimbangi dan dikalahkan.

Apalagi jika Gerindra mempunyai calon yang benar-benar sepadan dan berimbang serta koalisi bersama PKB dan Demokrat. Itu pasti akan kuat. ”Untuk melawan Uu-Ade ini harus ada calon tokoh yang sangat potensial buat kami,” ujarnya kemarin.

BACA JUGA: DPR Siapkan Panja BPJS Kesehatan

Pengamat politik Maulana Janah juga berpikiran sama dengan Ujang. Selama figur ketokohan lawan politik Uu-Ade memiliki kekuatan yang sepadan, maka incumbent bisa saja dikalahkan. “Dari beberapa kasus memang tidak selamanya incumbent ini menang,” ujarnya kemarin.

Misal, kata dia, Oleh Soleh berani bertarung dan head to head dan memiliki calon wakil bupati yang sepadan serta disukai masyarakat. Itu bisa menjadi antiklimaks bagi Uu-Ade.

BACA JUGA: Ada Kesengajaan Pilkada Bakal Diundur Hingga 2017

“Tingkat popularitas Uu-Ade tinggi memang wajar tetapi jika tingkat kesukaannya rendah bisa saja kalah. Popularitas, elektabilitas dan kapabilitas ini harus berbanding lurus yang harus dimiliki para calon,” ujarnya.

Bisa saja, kata dia, popularitas Uu di atas 80 persen tetapi tingkat kesukaannya di bawah 50 persen, ini berbahaya nanti yang akan berpengaruh kepada elektabilitas.

BACA JUGA: KPK Kantongi 1.674 Laporan Harta Kekayaan Calon Kada

“Jika calon lawan dari Uu-Ade ini tingkat popularitasnya di bawah tetapi tingkat kesukaannya di atas Uu-Ade bisa saja lawannya ini akan menang,” analisanya.  (mg13/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Basarah Bangga Senior GMNI Beri Kesempatan Kaum Muda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler