Yamaha Meluncurkan DM3 Series, Fitur Lengkap, Fleksibilitas Tinggi 

Rabu, 31 Mei 2023 – 15:31 WIB
PT. Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMD) memperkenalkan model mixer digital terbarunya DM3 Series ke dalam jajaran produk Professional Audio. Foto dok. YMD

jpnn.com, JAKARTA - PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (YMD) memperkenalkan model mixer digital terbarunya DM3 Series ke dalam jajaran produk Professional Audio.

DM3 merupakan digital mixer yang sangat ringkas, tetapi fleksibel untuk berbagai aplikasi dan kebutuhan.  

BACA JUGA: Pembelajaran Hybrid Jadi Tren, Yamaha Musik Perkenalkan Unified Communications

"Memilih digital mixing console ringkas hampir selalu tentang apa yang ingin dikorbankan untuk mendapatkan kemampuan yang dibutuhkan di ruang yang dimiliki," kata GM Audio Product YMID Kenichi Hiwasa saat launching DM3 Series di Jakarta, Selasa (30/5).

Seri DM3 series, ujarnya mematahkan stereotip tersebut, menawarkan kualitas suara dengan sample rate hingga 96 kHz, pengaturan serta pengoperasian yang cepat dan mudah.

BACA JUGA: Yamaha Musik Bantu Pengungsi Anak-anak di HLC

Fiturnya tingkat profesional untuk kebutuhan live sound, streaming, rekaman live atau produksi musik dan rekaman di rumah-dalam chassis yang berukuran hanya 320x140x455 mm dan berat hanya 6,5 kg.

"DM3 Series menawarkan kombinasi yang tak tertandingi oleh mixing console lainnya yang berukuran sama," tambah Manager Marketing & Technical Marketing Ryan Indra Kusumah.

BACA JUGA: Yamaha Musik Beri Bantuan untuk Korban Gempa Sulteng

Dia menjelaskan DM3 series terdiri dari dua model, DM3 Standard dan DM3 - console ringkas pertama yang sepenuhnya kompatibel dengan teknologi Dante. 

Selain fitur Dante, kedua model memiliki fitur yang identik, input sebanyak 16 mono input, 1 stereo input, 2 FX Return, ditambah 6 buah Mix Send dan 2 FX Send, 1 Stereo Out dan 2 Matrix Output.

DM3 Standar sudah mulai dipasarkan sedangkan DM3 dengan kapabilitas Dante akan tersedia sekitar bulan September. 

DM3 Series menawarkan kualitas audio superior, rendah latency dengan 2 effect processor berkualitas tinggi dan 18 pilihan effect.

DM3 Series mewujudkan filosofi desain “less is more” antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif berpusat di layar multitouch berkuruan 9”. 

Ass Manager Technical Marketing Edmons Angkawijaya mengungkapkan fitur sederhana, tetapi penting, yaitu pengguna dapat memilih berbagai bahasa untuk menampilkan nama channel (melalui DM3 Editor atau DM3 Stagemix).

Anda dapat memilih mode light atau dark sesuai preferensi. Hal ini menjadikan DM3 dapat digunakan di berbagai ruang, kondisi pencahayaan, serta pengguna dari berbagai negara.  

"Walaupun memiliki ukuran yang sangat ringkas, DM3 memungkinkan pengguna untuk “Do More” (melakukan yang lebih) karena cocok untuk digunakan di berbagai aplikasi," ucapnya. 

DM3 dapat digunakan untuk berbagai aplikasi live sound, mulai dari presentasi, konferensi hingga live band dan pertunjukkan dengan multi performer. 

DM3 juga ideal untuk digunakan sebagai sub-mixer untuk mixer yang memiliki konektivitas Dante.  Sangat memungkinkan juga untuk kebutuhan produksi musik. 

Edmons melanjutkan berbagai fitur untuk streaming berkualitas tinggi juga disertakan pada DM3.

"Dengan Stereo Out dan Matrix Out, pengguna dapat melakukan routing audio secara bebas dan dapat melakukan mix yang berbeda untuk kebutuhan di ruangan serta mix untuk kebutuhkan streaming," tuturnya.

Ryan mengungkapkan pasar utama lainnya untuk DM3 ialah kebutuhan untuk Instalasi tetap.

Kedua konsol mendukung general control protocol OSC dan MIDI(Melalui USB) untuk dapat dikontrol melalui peralatan eksternal.

Terdapat berbagai konfigurasi pengaturan bagi pengguna seperti User Defined Key, Custom Fader Bank, serta User Account untuk mengonfigurasi pembatasan akses untuk berbagai tingkatan pengguna.

DM3 juga kompatibel dengan perangkat lunak Yamaha ProVisionaire untuk membuat panel kontrol custom sesuai kebutuhan kontrol serta pemantauan sistem. 

"RK-DM3 (aksesori opsional) dapat digunakan untuk memasangkan console pada rak peralatan 19” dengan ukuran 13U," ucap Ryan.

Dengan dilengkapi berbagai software aplikasi, DM3 menjadi lebih fleksibel. Terdapat DM3 Editor (Windows dan Mac) untuk melakukan pengoperasian remote secara online atau melakukan pengaturan dan editing secara offline, aplikasi untuk iPad, DM3 Stagemix memungkinkan kendali jarak jauh DM melalui tampilan yang sederhana dan intuitif memungkinkan para engineer untuk melakukan pengaturan parameter mixing dari posisi penampil di panggung. 

Sementara aplikasi MonitorMix (iOS dan Android) membantu artis untuk melakukan pengaturan monitornya masing-masing. 

Untuk membantu meminimalkan waktu persiapan secara signifikan, kedua model dilengkapi dengan berbagai scene preset untuk berbagai skenario penggunaan.

QuickPro Preset untuk berbagai jenis dan merk microphone, in ear monitor dan speaker. Preset ini dibuat dengan bekerja sama bersama para sound engineer dan produsen terkemuka.  

DM3 Series menetapkan standar baru untuk performa konsol ringkas, dengan kemampuan serbaguna dan portabilitas luar biasa, menjadikannya sebagai peralatan yang sangat berharga tak tertandingi untuk penggunaan di berbagai aplikasi dan lingkungan. 

"Di dunia yang terus berubah dan selalu menghadirkan tantangan serta peluang baru, mixing console DM3 memberi kekuatan dan fleksibilitas untuk melakukan lebih dari yang pernah dibayangkan dari sebuah konsol digital ringkas," pungkas Ryan. (esy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Yamaha Musik Donasikan 4 Ribu Keyboard untuk Siswa SD


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler