Yaya Kembali Pemain Terbaik Afrika

Sabtu, 22 Desember 2012 – 15:05 WIB
DIDIER Drogba sukses membawa Chelsea memenangi Liga Champions plus Piala FA tahun ini. Sedangkan Yaya Toure "hanya" membawa Manchester City merebut juara Premier League. Tapi, dalam penganugerahan Pemain Terbaik Afrika 2012 di Accra, kemarin, Toure justru mengungguli Drogba.

Dalam voting yang dilakukan pelatih atau direktuk teknik timnas dari seluruh negara di Afrika itu, Toure meraup suara lebih banyak ketimbang Drogba maupun gelandang bertahan Kamerun Alex Song. Sayang, jumlah suara yang diperoleh tidak dipublikasikan oleh CAF (Konfederasi Sepak Bola Afrika) sebagai penyelenggara.

Bagi Toure, gelar tersebut merupakan kali kedua secara beruntun. Gelandang 29 tahun itu menyamai koleksi Drogba (2006 dan 2009). Meskipun mengungguli Drogba, Toure tidak menganggap rekan setimnya di timnas Pantai Gading itu sebagai rival.

"Terima kasih kepada semua, termasuk kapten saya (Drogba adalah kapten timnas Pantai Gading, Red)," kata Toure seperti dilansir di situs resmi CAF.

Kolaborasi Toure dan Drogba mampu membawa Pantai Gading lolos ke final Piala Afrika 2012 di Gabon dan Equatorial Guinea. Absennya Toure di final banyak disebut memengaruhi kegagalan Pantai Gading meraih juara (kalah adu penalti 7-8 dari Zambia).

Sebaliknya, Drogba malah gagal memanfaatkan penalti di babak kedua sehingga skor di waktu normal berakhir 0-0 (skor juga bertahan sampai babak tambahan waktu). Sekalipun bersaing dalam award individu, pendukung Pantai Gading jelas berharap keduanya kompak saat tampil dalam Piala Afrika 2013 di Afrika Selatan pada 19 Januari sampai 10 Februari.

Sementara itu, sukses Zambia memenangi Piala Afrika membuat mereka terpilih sebagai tim terbaik. Pelatih Zambia Herve Renard juga dinobatkan sebagai pelatih terbaik. Al Ahly juga ditahbiskan menjadi klub terbaik, sedangkan penghargaan khusus legenda Afrika tahun ini diberikan kepada Rigobert Song (Kamerun) dan Mahmoud El Gohary (Mesir). (dns)


Pemain Terbaik Afrika (10 Tahun Terakhir)


Tahun    Pemain                       Klub              Negara
2012    Yaya Toure                Man City        Pantai Gading
2011     Yaya Toure                Man City        Pantai Gading
2010    Samuel Eto"o             Inter Milan      Kamerun
2009    Didier Drogba            Chelsea         Pantai Gading
2008    Emmanuel Adebayor  Arsenal         Togo
2007    Fr ederic Kanoute      Sevilla            Mali
2006    Didier Drogba             Chelsea         Pantai Gading
2005    Samuel Eto"o             Barcelona     Kamerun
200 4   Samuel Eto"o             Barcelona      Kamerun
200 3   Samuel Eto"o             Real Mallorca Kamerun

Pemain Tersukses
4 gelar  -     Samuel Eto"o
3 gelar  -     George Weah, Abedi Pele
2 gelar  -     Didier Drogba, Roger Milla, Thomas Nkono, Nwankwo Kanu, El Hadhi   Diouf, Yaya Toure

Keterangan : Sebelum diselenggarakan CAF (Konfederasi Sepak Bola Afrika), award digagas majalah sepak bola Prancis France Football dari 1970-1994.
BACA ARTIKEL LAINNYA... Djoko Keluhkan Kualitas Pemain Depan Deltras

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler