Yayasan Indonesia Forum & CIAS  Kukuhkan 5 Pahlawan Inovasi

Jumat, 03 Februari 2023 – 18:29 WIB
Ketua Yayasan Indonesia Forum Prof. Bambang Brodjonegoro saat memberikan sambutan di Innovation Heroes 2022. Foto dokumentasi Yayasan Indonesia Forum & CIAS

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Indonesia Forum dan bekerja sama dengan Corporate Innovation Asia (CIAS) mengukuhkan para inovator pada Malam Inaugurasi Innovation Heroes.

Kegiatan yang dilaksanakan pada 31 Januari itu dihadiri ratusan orang mulai dari para nominee, akademisi, direksi perusahaan atau yang mewakili, seperti dari Astra, BRI Danareksa Sekuritas, Pelindo Terminal Petikemas, PLN, BCA, BNI dan lainnya. Masyarakat umum juga dapat mengikuti acara ini secara daring. 

BACA JUGA: 6 Inovator Tekstil Ramah Lingkungan Lahir dalam Kompetisi Texnova

Ketua Yayasan Indonesia Forum Prof. Bambang Brodjonegoro mengungkapkan selain memberikan pengukuhan bagi para inovator, acara ini juga bertujuan menjembatani para nominee dengan stakeholder untuk membuka peluang kolaborasi ke depannya.  

Dikatakannya Innovation Heroes ini merupakan upaya awal untuk memperkenalkan inovator di tengah-tengah masyarakat sekaligus sebagai upaya menjawab tantangan besar yang dihadapi bangsa ini untuk menuju Indonesia Emas 2045. 

BACA JUGA: 12 Inovator Pilihan dalam Kompetisi Pengelolaan Sampah Plastik

"Salah satu penentu untuk bisa menjadi bangsa yang maju adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)," ujar Prof. Bambang dalam keterangannya, Jumat (3/2).

Dia menjelaskan Innovation Heroes ini diharapkan bukan sekadar jadi ajang diskusi, teapi cikal bakal semangat melahirkan inovasi pada berbagai bidang di Indonesia dengan mengumpulkan dan mencari inovator sebanyak-banyaknya sehingga bisa optimistis mencapai target 2045. 

BACA JUGA: 9 Karya Inovator Muda PTPN Group, Lolos Tahap III di Ajang PIS 2022

Dalam malam inagurasi ini juga menghadirkan IWarih Andang Tjahjono selaku presiden direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan Achmad Zaky, Co-Founder Bukalapak yang juga menjabat wakil ketua umum Indonesia Forum untuk berbagi tentang praktik inovasi yang telah dilakukan.

Pada sesi talkshow ini kedua narasumber berharap para inovator tetap semangat menikmati prosesnya dan menjadi bermanfaat untuk banyak orang  sebagai tujuan para inovator. 

Rangkaian acara yang sudah dimulai sejak November 2022, telah menyisihkan 14 inovator dari ratusan pendaftar. Setelah itu, para kandidat mengikuti sesi interview bersama para panelis untuk memilih 5 Innovation Heroes.

Pemilihan heroes ini berdasarkan hasil penilaian para panelis, yaitu Indrawan Nugroho (Founder & CEO CIAS), Danang Rizky Ginanjar (Wakil Sekjen Indonesia Forum) dan Ivan Ahda (CEO Maxima). 

“Semua kandidat Innovation Heroes memiliki ide inovasi yang sangat berdampak dan berangkat dari permasalahan yang ada disekitar. Kelima heroes yang terpilih punya potensi besar untuk diperluas lebih besar lagi dampaknya” ujar Indrawan Nugroho. 

5 kandidat yang dikukuhkan menjadi pahlawan inovasi Indonesia dalam ajang Innovation Heroes 2022 , yaitu:

1. Wahyudi Hasbi - Satelit Kecil Multi Misi 

2. Herry Wijaya - For Sustainable Prosperity 

3. Tatiek Kancaniati - Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru 

4. Lenang Manggala - Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional 

5. Heni Sri Sundari - Gerakan Anak Petani Cerdas.

Program Innovation Heroes ini rencananya akan rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Hal ini sebagai bentuk dukungan untuk keberlangsungan dan pertumbuhan inovasi di Indonesia. (esy/jpnn)


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesyia Muhammad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler