YKMI Apresiasi Liga Arab yang Putuskan Boikot Produk Terafiliasi Israel

Jumat, 12 Juli 2024 – 00:31 WIB
Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) berkomentar terkait Liga Arab yang menyatakan bakal memboikot perusahaan yang terafiliasi dengan Israel. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Konsumen Muslim Indonesia (YKMI) mengapresiasi kesepakatan Liga Arab terkait pemboikotan perusahaan yang terafiliasi dengan Israel.

YKMI menilai keputusan tersebut akan memperkuat agenda boikot produk-produk terafiliasi Israel di Indonesia.

BACA JUGA: YKMI: Kami Berharap Gerakan Dukung Kemerdekaan Palestina Menyebar ke Penjuru Indonesia

“Kami senang dengan sikap Liga Arab ini. Keputusan ini akan mempengaruhi sikap masyarakat Islam internasional dalam agenda boikot,” ujar Direktur Eksekutif YKMI Ahmad Himawan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (11/7)..

Dia menambahkan, YKMI adalah organisasi masyarakat Islam di Indonesia yang pertama kali merilis daftar perusahaan dan produk terafiliasi Israel.

BACA JUGA: MUI dan YKMI Kecam Penyebaran Hoaks Isu Bromat Air Mineral

YKMI membuat daftar tersebut berdasarkan riset dan kajian yang mengacu pada situs boycott.thewitness dan bdnaash.

Kesepuluh produk dan perusahaan terafiliasi Israel itu antara lain Starbucks, Danone, Nestle, Zara, Kraft Heinz, Unilever, Coca Cola Group, McDonalds, Burger King, dan produk Kurma Israel.

BACA JUGA: YKMI Terus Perjuangkan Vaksin Halal

Berdasarkan riset dari Compas, boikot konsumen Indonesia memiliki pengaruh yang luar biasa.

Survei itu menunjukkan boikot konsumen di Indonesia mampu menggerus penjualan produk perusahaan multinasional terafiliasi Israel.

Himawan menyebut keputusan Liga Arab itu akan menambah legitimasi sikap boikot masyarakat Islam di Indonesia.

Pasalnya, setelah fatwa MUI terkait dukungan terhadap perjuangan Palestina, kini masyarakat dan konsumen muslim di Indonesia punya alasan yang semakin kuat untuk melakukan aksi boikot produk terafiliasi Israel.

Sebelumnya, negara-negara yang tergabung dalam organisasi Liga Arab akhirnya bersepakat untuk memboikot perusahaan yang terafiliasi dengan Israel.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam konferensi ke-96 Pejabat Penghubung Kantor Regional Arab tentang Boikot Israel yang diselenggarakan di Kairo pada 4 Juli kemarin.

Dia menambahkan, keputusan Liga Arab ini tentu juga akan memperkuat kerja sama Liga Arab dengan organisasi-organisasi negara Islam.

“YKMI berharap keputusan Liga Arab ini akan semakin memperkuat daya tekan kepada Israel Laknatullah. Kita menginginkan agresi dan kejahatan Israel di Palestina dapat segera berakhir,” tutupnya. (ddy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... PTUN Jakarta Kabulkan Gugatan YKMI Atas Kemenkes Terkait Vaksin Halal


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler