YouTube Akan Meluncurkan 6 Fitur Anyar, Bisa Membuat Video Pendek Lebih Mudah

Kamis, 03 Agustus 2023 – 00:32 WIB
Logo YouTube di YouTube. (ANTARA/REUTERS/Lucy Nicholson/am)

jpnn.com, JAKARTA - YouTube mengumumkan akan meluncurkan enam fitur baru dalam beberapa minggu ke depan.

Fitur baru ini disebut-sebut bisa membuat konten video pendek Shorts menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

BACA JUGA: Ingat dengan Youtuber Ferdian Paleka? Dia Ditangkap Polisi

Produk video pendek Shorts pertama kali dikenalkan sekitar 2021 dan kini telah menarik lebih dari dua miliar pengguna bulanan.

Keenam fitur baru itu memungkinkan pembuat konten Shorts untuk menyesuaikan tata letak, memperbesar, dan memotong segmen video yang dipilih dan menawarkan efek layar terbagi, tengah diuji coba.

BACA JUGA: Senang Mencoba Hal Baru, Dokter Muda Ini Sukses Jadi Pebisnis dan Youtuber

Fitur mengubah video horizontal menjadi video vertikal memungkinkan pengguna untuk mempertahankan bagian penting dari video mereka yang lebih panjang.

Selanjutnya ada juga fitur Collab, fitur yang memungkinkan kreator merekam video Shorts dalam format berdampingan dengan video YouTube atau Shorts lainnya.

BACA JUGA: YouTube Uji Coba Fitur Baru Bernama Test & Compare

Fitur itu menawarkan berbagai opsi tata letak, seperti pengaturan layar terbagi vertikal atau horizontal. Dengan demikian pengguna bisa lebih nyaman menyesuaikan kebutuhannya.

Fitur ketiga ialah stiker Q&A. Adanya fitur tersebut kreator bisa berinteraksi dengan penontonnya dengan mengajukan pertanyaan dan menerima tanggapan di bagian komentar.

Itu akan menjadi cara baru yang menyenangkan untuk berinteraksi bagi kreator dan pelanggannya.

YouTube juga memberikan fitur Live Streaming, kini kreator bisa melakukan siaran langsung dan berbagi pengalaman dengan para pelanggannya lewat bentuk video vertikal seperti Shorts.

Fitur itu tengah diuji coba dan kreator yang tengah bersiaran langsung akan terlihat di bagian feed Shorts.

Penonton yang menjadi bagian dari pengujian dapat melihat sekilas video live vertikal yang digabungkan ke dalam feed Shorts.

Fitur kelima, YouTube memberikan Suggestions yang memungkinkan kreator menemukan ide membuat konten dari kreator lainnya dengan menggunakan audio maupun efek serupa yang diinginkan.

Dengan Suggestions, dari layar Shorts, kreator bisa menggunakan pilihan "Remix" dan setelahnya pilih "Use Sound". Secara otomatis kreator akan bisa menggunakan audio seperti Shorts lainnya.

Terakhir ialah fitur Playlist, kini untuk mencari inspirasi pengguna Shorts juga bisa membuat playlist dan menyimpan Shorts yang menginspirasi tersebut.

Dengan demikian, kreator maupun pengguna lainnya bisa mengumpulkan video dengan efek atau musik yang ingin digunakan untuk video Shorts pada masa mendatang.

Saat ini keenam fitur itu masih diuji coba untuk pengguna perangkat Android dan iOS. Belum diketahui apakah fitur itu bisa digunakan di perangkat selain ponsel pintar. (Antara/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... YouTube TV Sebut Fitur Multiview Tak Lagi Terbatas Untuk Kategori Olahraga


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler