Yuk, Kenali Lebih Jauh GEN KIHAJAR 2020

Kamis, 23 Juli 2020 – 22:55 WIB
Ilustrasi Kemendikbud. Foto: https://lpmpntt.kemdikbud.go.id

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meluncurkan program Generasi Kita Harus Belajar (GEN KIHAJAR) 2020. Program itu merupakan kegiatan tahunan yang telah berlangsung sejak 2006.

Peserta GEN KIHAJAR adalah para siswa dan siswi yang telah turut serta dalam program Kita Harus Belajar. Menurut pelaksana tugas (Plt) Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) kemendikbud M. Hasan Chabibie, GEN KIHAJAR saat ini diarahkan pada upaya menggenjot kompetensi.

BACA JUGA: HAN 2020, Lahirnya Generasi KiHajar yang Melek Teknologi

"Mengembangkan keterampilan, pengetahuan dan memiliki kompetensi abad 21 adalah tujuan utama dari pelaksanaan KIHAJAR  2020. Pemanfaaan teknologi dalam proses pembelajaran maupun aktivitas sehari – hari menjadi suatu yang sangat dekat bagi GEN KIHAJAR," kata Chabibie saat launching KIHAJAR 2020 yang bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN), Kamis (23/7).

Dia melanjutkan, generasi yang dikenal sebagai digital native sudah dikelilingi beragam teknologi dan biasa berinteraksi dengan komputer, gawai dan internet. Oleh karena itu, KIHAJAR 2020 bertransformasi total dalam penyelenggaraanya tahun ini.

BACA JUGA: Program Edukasi di TV Tak Membantu Kemampuan Anak Berbahasa

"Transformasi ini diharapkan dapat semakin memacu kompetensi para GEN KIHAJAR untuk siap menjadi generasi yang memiliki kompetensi abad 21," tuturnya.

KIHAJAR hadir dengan 3 varian baru dengan tujuan memperluas akses dan kesempatan peserta untuk berpartisipasi. Pertama adalah KIHAJAR STEM yang menjadi wadah eksplorasi siswa seluruh jenjang melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis sciences, technology, engineering and mathematics.

BACA JUGA: Ada Sertifikasi Kompetensi & Profesi untuk Pendidik dan Mahasiswa Vokasi, Yuk Ikut

KIHAJAR STEM memiliki 4 fase, yakni basic, intermediate, advance dan final. Kepesertaannya terbuka untuk seluruh jenjang baik tingkat SD, SMP, SMA dan SMK, ataupun ibtidaiyah, sanawiyah dan aliah.

Selain itu, pesertanya juga tidak harus dari sekolah di dalam negeri. Sebab, pelajar yang bersekolah di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) juga dapat mengikutinya.

Tujuan pelaksanaan KIHAJAR STEM adalah sebagai media sosialiasi produk Rumah Belajar, TV Edukasi, Suara Edukasi, serta meningkatkan kemampuan literasi, motivasi dan pendidikan karakter dalam wujud kemandirian dan kejujuran. Pendaftaran peserta KIHAJAR STEM sudah dibuka bersamaan dengan waktu peluncuran GEN  KIHAJAR.

Kedua adalah KIHAJAR EXPLORER yang merupakan wadah eksplorasi siswa dari berbagai jenjang memanfaatkan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi.

KIHAJAR EXPLORER diselenggarakan pada Jumat, 24 Juli 2020 dan akan hadir setiap hari hingga rangkaian pelaksanaan GEN KIHAJAR 2020 berakhir pada Oktober 2020.

KIHAJAR EXPLORER hadir melalui akun tvedukasi_kemdikbud di Instagram dengan memberikan pertanyaan setiap harinya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peserta akan diberikan tautan konten yang terdapat di portal Rumah Belajar, TV Edukasi maupun Suara Edukasi.

Jawaban peserta dikirimkan melalui kolom komentar sesuai dengan postingan pertanyaanya di akun Instagram tvedukasi_kemdikbud setiap harinya.

KIHAJAR EXPLORER terbuka untuk semua jenjang pendidikan baik di dalam negeri maupun siswa Indonesia di luar negeri.

Adapun ketiga adalah KIHAJAR TIK Talks yang merupakan wujud apresiasi terhadap daerah dengan tingkat partisipasi KIHAJAR STEM, sekaligus Optimalisasi Penggunaan Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi paling tinggi.

Kegiatan itu juga mengangkat isu permasalahan pendidikan daerah yang akan dibahas dalam bentuk seminar secara daring  dengan menghadirkan narasumber dari praktisi pendidikan, ahli pembelajaran dan juga pengembang teknologi pembelajaran.

Tujuan KIHAJAR TIK Talks adalah meningkatkan kemampuan literasi pemanfaatan TIK, kemandirian dalam pengembangan TIK untuk pendidikan dan sebagai sarana sosialisasi dari pemanfaatan konten Rumah Belajar, TV Edukasi dan Suara Edukasi.

Peserta kegiatan KIHAJAR TIK Talks ini adalah tenaga pengajar, tenaga kependidikan, komunitas pendidik maupun orang tua murid. Pelaksanaan KIHAJAR TIK Talks akan dimulai pada minggu kedua Agustus 2020.(esy/jpnn)

 

 

 


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler