Yuk Rutin Konsumsi Buah Apel

Selasa, 17 Oktober 2017 – 04:58 WIB
Apel: FOTO: Puguh Sujiatmiko/Jawa Pos/JPNN

jpnn.com - Dikenal sebagai buah yang kaya akan kandungan serat, fitonutrien, dan antioksidan, apel ternyata bisa digunakan untuk mencegah penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika.

BACA JUGA: Makan Apel Setiap Hari Bikin Awet Muda

Percobaan klinis tersebut melibatkan orang dewasa sehat yang meminum 350 ml jus apel atau makan dua buah apel setiap hari.

Hasilnya, penurunan kadar kolesterol menurun hingga 20 persen setelah 6 minggu mengikuti diet apel.

BACA JUGA: 3 Buah Ini Ampuh Bikin Tubuh Ramping loh

Kandungan fitonutrien dalam apel berfungsi untuk melawan LDL (kolesterol jahat). Apel juga kaya akan pektin, yang merupakan serat larut yang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol.

Dianne Hyson, ahli gizi di penelitian tersebut, mengungkapkan, penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran terkait dengan penurunan risiko penyakit arteri koroner. Namun, ini merupakan studi klinis pertama yang menunjukkan manfaat potensial dalam jus apel dan buah apel.

BACA JUGA: Indonesia Digempur Apel Tiongkok dan AS

Dia juga mengatakan, asupan jus apel atau apel secara moderat mampu mengurangi faktor risiko penyakit jantung dalam waktu cukup singkat. Meski tampak sepele, diet tersebut mungkin memainkan peran penting bagi kesehatan jantung.

Sementara itu, peneliti dari Finlandia menemukan seorang yang banyak makan apel memiliki tingkat risiko menderita stroke yang lebih rendah. Hal ini berkat senyawa aktif fitonutrien yang terdapat pada apel.

Kesimpulan ini berdasarkan evaluasi catatan makanan dan hasil kesehatan dari 9,208 pria.

Selain itu, peneliti dari Inggris juga menemukan bahwa mereka yang sering mengonsumsi apel memiliki kualitas paru yang lebih baik ketimbang seseorang yang tidak memakan apel. Periset percaya bahwa zat quercetin yang terdapat pada apel mampu menurunkan risiko kanker dan serangan jantung.

Bahkan Finland's National Public Health Institute menyimpulkan, diet apel berhubungan dengan penurunan risiko pengembangan kanker. Studi ini melibatkan 9,959 pria dan wanita yang secara teratur mengonsumsi apel. Para periset juga menyampaikan, risiko kanker paru-paru turun sebesar 46 persen dari orang-orang yang konsumsi apelnya tinggi.

Melihat hasil studi para peneliti, tak ada salahnya bagi Anda untuk mulai rutin makan apel. Anda bisa mengonsumsi dua buah apel dalam sehari.(RS/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Duh, Setahun 94,44 Ribu Ton Apel Impor


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
apel  

Terpopuler