Yuk, Santap Makanan Ini Setelah Olahraga

Selasa, 10 Maret 2015 – 13:48 WIB
foxnews

jpnn.com - LONDON- Olahraga memang menjadi salah satu syarat agar badan sehat. Namun, janga abaikan makanan yang dikonsumsi setelah olahraga. Jika salah, bukannya sehat, tetapi malah timbunan lemak yang didapat.

"Otot-otot Anda membutuhkan protein untuk memperbaiki dan membangun kembali jaringan yang rusak saat anda berolahraga," kata ahli nutrisi, Marnie Sumbal, seperti dilansir laman Yahoo Health, Senin (9/3).

BACA JUGA: Sttt.... Ini Posisi Seks yang Disukai Wanita

Berikut beberapa makanan yang bagus disantap setelah olahraga:

 

BACA JUGA: Di Jatim, 102 Kematian Ibu per 100 Ribu Kelahiran Hidup

1. Whey Protein

Tidak hanya baik dikonsumsi sebelum olahraga, whey protein juga baik disantap sesudah olahraga. Whey protein merupakan suplementasi protein dalam bentuk susu sehingga lebih cepat serap. Berdasarkan penelitian, whey protein dapat mempercepat proses pemulihan otot. Selain itu, whey protein bisa memaksimalkan perkembangan otot setelah latihan.

BACA JUGA: 12 Minggu Setelah Melahirkan, Bercinta Ternyata Makin Hot

2. Yogurt

Setelah berolah raga, jantung Anda yang bekerja keras akan membuat tekanan darah meningkat. Fungsi yoghurt yang dapat menurunkan resiko darah tinggi sangat berguna bagi Anda setelah berolah raga. Ditambah lagi kadar kalsium tinggi yang sangat berguna bagi otot dan tulang Anda. Yoghurt juga memiliki serat tinggi yang dapat membantu pencernaan Anda.

Yoghurt terbukti sangat berguna untuk memulihkan fungsi tulang dan otot. Anda tentu saja pernah merasakan badan yang sakit-sakit akibat terlalu keras berolah raga. Nah, di sinilah fungsi yoghurt akan sangat membantu Anda. Ditambah lagi kandungan kalsium yoghurt yang 100 persen organik dan dapat diserap tubuh dengan sempurna. Kadar lemak yang terdapat pada yoghurt juga sangat rendah sehingga tidak akan membuat olah raga sia-sia.

3. Telur

Telur kaya akan asam amino yang dapat dikonversi ke otot, kulit, kolagen dan jaringan tubuh lain secara lebih efisien ketimbang protein dari makanan lain. Telur rebus adalah makanan terbaik untuk otot setelah anda latihan. Telur lebih baik ketimbang karbohidrat dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

4. Keju

Keju mengandung protein dan juga kaya akan sodium.

5. Kopi

Kafein telah lama dikenal mampu membantu meningkatkan kewaspadaan dan daya tahan. Tapi peneliti juga memperingatkan agar tidak mengonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan.

6. Alpukat

Alpukat tinggi lemak tak jenuh tunggal, tinggi kandungan potassium dan sumber vitamin A, B1, D, E, K dan B. Alpukat sering digunakan dalam pengobatan alternatif untuk mengobati radang sendi, kolesterol tinggi dan penyakit gusi. Alpukat tidak hanya kaya akan vitamin, mineral, lemak, protein dan karbohidrat tapi juga menjadikannya sebagai pilihan ideal sebagai makanan wajib sebelum dan sesudah berolahraga.

7. Ikan

Protein dari ikan mudah dicerna dan mudah diserap oleh tubuh. Asam lemak omega-3 dalam ikan membantu mengurangi kolesterol, menjaga fleksibilitas dari arteri dan vena serta memperkuat otot jantung. Omega-3 juga dapat memperbaiki kerusakan otot pascalatihan.

8. Susu Coklat

Meski kata cokelat cukup identik dengan lemak buruk yang akan menggemukan, pada kenyataannya susu cokelat rendah lemak sangat berguna untuk mengembalikan cairan pada tubuh atau yang disebut juga dengan rehidrasi.

Selain itu susu cokelat rendah lemak juga sangat berguna untuk membangun jaringan otot berkat kadar protein yang tinggi. Susu cokelat rendah lemak juga berguna untuk mengisi otot dengan glukogen yang berguna untuk pembesaran otot. Selain itu kadar vitamin dan mineral yang besar pada susu cokelat rendah lemak juga sangat berguna untuk membantu pemulihan otot. (fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Booming di Luar Negeri, Apple StemCell Plus Kini Rambah Indonesia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler