Yunani Tanpa Dua Pilar Pertahanan

Senin, 11 Juni 2012 – 14:30 WIB

WROCLAW - Satu poin dari Polandia pada laga perdana harus dibayar mahal Yunani. Sebab, mereka dipastikan tidak akan diperkuat dua pemain pilarnya dalam pertandingan kedua grup A menghadapi Rep Ceko, Selasa (12/6). Sialnya, kedua pilar yang absen itu sama-sama andalan di lini pertahanan.
 
Avraam Papadopoulos terkena cedera, sedangkan Sokratis Papastathopoulos menjalani akumulasi kartu pasca dihadiahi dua kartu kuning oleh wasit dalam laga melawan Polandia. Bahkan, Papadopoulos sampai harus dipulangkan ke Yunani lantaran sudah pasti tidak bisa lagi memperkuat negaranya di ajang bergengsi empat tahunan itu.
 
Menurut pernyataan resmi yang dikeluarkan tim Yunani seperti dilansir dari situs UEFA, Papadopoulos terkena cedera robek otot ligament pada lutut kirinya. "Dari hasil scan tim dokter, dia mengalami robek ligament anterior dan terkilir di ligament kolateral lutut kirinya," tulis sumber tersebut.
 
Parahnya, cedera tersebut kemungkinan besar bakal membuat karier pemain berusia 27 tahun itu harus terhenti sementara dalam enam bulan ke depan. Dengan dipulangkannya Papadopoulos tersebut, berarti kekuatan lini pertahanan tim jawara Euro 2004 bakal semakin berkurang. Padahal, mereka masih harus melakoni dua laga penyisihan lagi.
 
Seperti yang diberitakan di AP, pelatih Yunani Fernando Santos mengaku sangat terpukul mendengar kondisi terakhir salah satu penggawa andalannyanya itu. Dia bahkan tidak pernah mengira cedera pemain andalan dari klub Olympiakos itu bisa sampai separah itu.
 
"Kami sangat sedih dengan apa yang sudah dialaminya (Papadopoulos, Red). Kami sebelumnya berharap banyak supaya dia bisa secepatnya pulih dan bergabung lagi bersama kami," ujar pelatih berkewarga negaraan Portugal itu. Papadopoulos sudah 31 kali tampil bersama timnas Yunani sejak bergabung mulai 2008 silam.
 
Selain Papadopoulos dan Papastathopoulos, pertahanan Yunani sebenarnya masih memiliki banyak stok pemain lain. Di antara pemain pengganti yang masih tersedia itu adalah Kyriakos Papadopoulos, Giannis Maniatis, ataupun Jose Holebas. Namun, ketiga pemain itu belum memiliki jam terbang tinggi bersama timnas Yunani.
 
Kemungkinan besar, Santos akan menarik gelandang veteran Kostas Katsouranis lebih ke belakang. Dia diharapkan bisa membantu pertahanan Yunani dalam laga lawan Rep Ceko nanti. Sekalipun tekanan yang dihadapi Yunani nantinya tidak akan seberat seperti laga perdana.
 
Hanya, untuk urusan itu, Katsouranis tidak mau terlalu meremehkan kekuatan tim calon lawannya nanti. "Kami tidak menganggap mereka ringan. Malahan aku sempat berpikir Ceko lebih baik dibandingkan Polandia," jelas pemain yang sudah mencetak 9 gol dalam 89 pertandingan yang dijalaninya itu. (ren)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Perlakukan Ibra seperti Cantona


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler