Yusuf Islam Masuk Nominasi Rock and Roll

Senin, 23 Desember 2013 – 03:00 WIB
Yusuf Islam. Getty Images

jpnn.com - DAFTAR nominasi Rock and Roll Hall of Fame 2014 telah diumumkan. Nirvana yang memulai debutnya di tahun 1987 akhirnya masuk nominasi penghargaan cadas ini.  Demikian juga musikus besar asal Inggris, Cat Stevens yang kini berganti nama Yusuf Islam, juga masuk nominasi.

Yusuf Islam, adalah musikus era 70-an. Ia memainkan musik folk-rock, seperti yang terdapat di album terhebatnya, “Tea for Tillerman”. Album ini berada di ranking 208 dari 500 lagu terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone. Salah satu hits terkenalnya adalah Wild World.

BACA JUGA: Jadi Sutradara, Jupe Hampir Gila

Sejak menjadi muslim pada 1977, beberapa tahun kemudian ia melelang gitar-gitarnya untuk amal, kemudian meninggalkan ingar bingar rock untuk mengabdikan diri bagi kemanusiaan. Tak salah jika pada 2003, ia berhasil mendapatkan World Award Peace, 2004 Man Peace Award, dan 2007 Mediterranean Prize for Peace.

Pada 2006, musisi berusia 65 tahun ini kembali ke dunia musik, sedikitnya telah merilis dua album. Tahun 2014, selain Yusuf Islam, ada Nirvana, The Rolling Stones, KISS dan 5 musisi rock lainnya masuk Rock and Roll Hall of Fame.

BACA JUGA: Adegan Ciuman Park Shin Hye dengan Lee Min Ho Sampai 3 Jam

Yusuf Islam lahir dengan nama Stephen Demetre Georgiou di London, Inggris, 21 Juli 1948. Pada awal karier musiknya, Georgiou mengambil nama Cat Stevens. Sebagai Cat Stevens, ia berhasil menjual 40 juta album, kebanyakan pada era 1960-an dan 1970-an.

Lagu-lagunya yang paling populer termasuk "Morning Has Broken", "Peace Train", "Moonshadow", "Wild World", "Father and Son", "Matthew and Son", dan "Oh Very Young".

BACA JUGA: Lorde Ogah Ikutan Bugil demi Karir

Stevens menjadi seorang mualaf dan memeluk Islam pada 1977 setelah mengalami near-death experience. Ia lalu mengambil nama Yusuf Islam dan menjadi seorang pendakwah.

Satu dasawarsa kemudian ada kontroversi ketika ia melontarkan pernyataan mendukung fatwa yang dikeluarkan menentang penulis Salman Rushdie. Pada 2004, Yusuf Islam kembali dibicarakan lagi lantaran ditolak masuk Amerika Serikat setelah namanya ditemukan pada sebuah daftar larangan terbang (no-fly list).

Ternyata terjadi kekeliruan dan yang dicari adalah orang lain bernama Youssouf Islam. Yusuf Islam sekarang tinggal di London bersama istri dan lima anaknya di mana ia seorang anggota jemaah yang aktif. Ia mendirikan yayasan kemanusiaan Small Kindness yang mulanya menolong korban kelaparan di Afrika dan sekarang membantu ribuan anak yatim dan keluarga di Balkan, Indonesia, dan Irak. Islam juga mendirikan yayasan kemanusiaan Muslim Aid tetapi meninggalkannya sebagai Ketua pendiri pada 1999. (fajar)

Daftar Nominasi
1. The Paul Butterfield Blues Band
2. Chic
3. Deep Purple
4. Peter Gabriel
5. Hall & Oates
6. KISS
7. LL Cool J
8. The Meters
9. Nirvana
10. N.W.A.
11. The Replacements
12. Linda Ronstadt
13. Cat Stevens (Yusuf Islam)
14. Link Wray
15. Yes
16. The Zombies

BACA ARTIKEL LAINNYA... Berkat Kemauan Sendiri, Kirana Bebas dari Narkoba


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler