Zayn Malik hingga Jay-Z, Ini Deretan Musisi Pembela Hak LGBT

Kamis, 25 Januari 2018 – 17:53 WIB
LGBT. Foto: Pixabay

jpnn.com - Berbeda dengan di Indonesia, banyak seleb papan atas Amerika Serikat dan Eropa yang terang-terangan membela hak kaum LGBT. Mereka membela meski bukan penyuka sesama jenis.

Mulai dari The Chainsmokers yang menentang larangan militer transgender Trump sampai musisi Jay-Z yang memuji identitas lesbian ibunya dalam sebuah lagu di album terbarunya. (ce1/yln/JPC)

BACA JUGA: Duh! Kenakan Gaun Menantang, Itunya Beyonce Kelihatan

Dilansir dari Billboard, berikut beberapa artis pria yang telah mendukung komunitas LGBT.

1. Dan Reynolds, Imagine Dragons

BACA JUGA: Ini Pengakuan Jay-Z Soal Pertengkaran Hebat dengan Adik Beyonce

Vokalis Dan Reynolds mengatakan bahwa "menjadi gay itu indah, benar, dan sempurna". Dia juga sempat menerima surat dari penggemarnya yang gay pada 2012, saat lagu It's Time ditampilkan dalam sebuah episode serial Glee ketika Blaine menyanyikannya Kurt.

Reynolds juga meluncurkan festival LoveLoud tahun ini di Utah, yang mengumpulkan jajaran seniman dan pembicara untuk mengatasi penyebab utama kematian di kalangan remaja LGBT karena bunuh diri. Reynolds juga akan membahas masalah ini di film dokumenter Believer di Sundance.

BACA JUGA: Heboh Kabar Gigi Hadid Hamil? Ini Penjelasan Ibundanya

2. Martin Garrix

Sebagai bagian dari Month Pride, Billboard meminta kepada para musisi untuk menulis surat cinta ke komunitas LGBT, dan Martin Garrix termasuk di antara mereka yang berbagi cinta dan dukungannya. Selain itu, dia baru saja berkolaborasi dengan artis Troye Sivan di single hit berjudul There For You.

"Kapan pun saya berada di atas panggung, saya sangat senang melihat semua orang yang berbeda ini berkumpul bersama," katanya.

3. Jay-Z

Album Jay-Z 4:44 yang masuk nominasi Grammy Awards memang menuai kritikan pedas. Apalagi, secara jelas lagu Smile dalam album tersebut menggambarkan orientasi seksual ibunya.

"Kita tidak pernah berbicara tentang dia (ibunya menjadi gay). Sampai, seperti baru-baru ini, kita mulai melakukan percakapan indah ini dan benar-benar saling mengenal,” ujarnya.

4. Harry Styles

Pada pembukaan turnya di San Francisco, Harry Styles mengikatkan bendera pelangi di mikrofonnya. Lalu, mengibar-kibarkan bendera itu di akhir pertunjukannya. Ini sebenarnya bukan pertama kalinya penyanyi tersebut memasukkan sentimen LGBT ke dalam pertunjukan live-nya.

Mantan personel One Direction ini juga sempat memakai simbol LGBT sebagai cape selama pertunjukan One Direction di tahun 2015.

5. Zayn

Dalam sebuah wawancara dengan majalah Paper, mantan personel One Direction ini mengatakan adalah sebuah kehormatan dinilai menarik oleh seorang laki-laki.

"Jika perempuan menganggap saya menarik, maka itu adalah hal yang keren. Jika laki-laki menemukan saya menarik, maka itu hal yang keren juga. Saya diberkati oleh siapa pun yang berada di atas sana untuk menjadi diri saya dan dapat melakukan apa yang saya lakukan. Aku benar-benar bermaksud begitu," katanya ketika itu.

6. Nick Jonas

Banyak tuduhan dilontarkan pada Nick Jonas bahwa dia gay. Tetapi, memang tidak bisa dibantah bahwa dia seperti juru bicara dari komunitas tersebut. Misalnya, mulai dari bermain di sebuah drama Scream Queens and Kingdom, hingga memilih tampil di bar gay London di depan drag queen. Hal itu semakin jelas menunjukkan bahwa Jonas adalah sekutu yang solid untuk kelompok mereka.

7. Lil Yachty

April lalu, rapper Atlanta itu merilis cover untuk albumnya, Teenage Emotions. Dalam foto itu menampilkan sepasang kekasih muda yang gay yang sedang berciuman. Dia juga mengenakan pakaian warna pelangi.

Tetapi, kemudian, dia menjelaskan perihal cover album tersebut di Instagram dan menyatakan bahwa cinta adalah milik semua orang.

"Jika anda menderita vitiligo atau jika anda gay atau apa pun itu, peluklah dirimu. Cintai dirimu. Jadilah bahagia, jadilah positif," katanya.

8. A$AP Rocky

Pada tahun 2013 dalam sebuah wawancara, rapper tersebut menyuarakan tentang perlunya hip-hop untuk lebih menerima isu keberagaman.

"Misalnya, satu isu besar hip-hop adalah tentang gay. Ini 2013, dan sayang sekali, sampai hari ini, topik itu tetap membuat orang tertarik (membicarakannya). Ini gila," katanya saat itu.

9. Garth Brooks

Pada tahun 1993 penyanyi country itu memenangkan GLAAD Award untuk lagunya We Shall Be Free dan tampil bersama George Michael di konser Equality Rocks pada tahun 2000. Dia memuji saudarinya yang menjadi lesbian. Oleh karena itu, dia mulai menyuarakan mengenai kesetaraan untuk kaum LGBT.

10. Childish Gambino

Pemilik nama asli Donald Glover ini selalu berusaha untuk melawan stereotip rap dari album debutnya di tahun 2011, termasuk pandangan homoseksualitas dalam budaya laki-laki kulit hitam. Dalam sebuah wawancara, dia mempertanyakan mengapa pria kulit hitam harus selalu terlihat dan bersikap macho.

"Orang kulit hitam sangat sering berjuang dengan maskulinitas. Gagasan bahwa kita harus selalu kuat benar-benar menekan kita semua. Itu membuat kita tidak berkembang," ungkapnya.

Dia juga termasuk musisi yang membela lagu Macklemore Same Love, di mana mengutamakan kebebasan dalam cinta.

"Anda dapat mengatakan apa yang anda inginkan tentang Macklemore, tapi dia tetap berdiri untuk sesuatu. Itulah yang membuatnya besar," katanya.

11. Macklemore

Sejak lagu Same Love menjadi mega-hit pada 2012, lagu milik rapper ini selalu menjadi lagu kebangsaan bagi kaum LGBT.

Pada bulan Oktober, sesaat sebelum legalisasi pernikahan gay Australia, Macklemore dianggap menyuarakan perihal kesetaraan dalam cinta ketika menyanyikan Same Love di pregame National Grand Junior Rugby.

Sebuah petisi pun beredar untuk memboikot pertunjukan tersebut. Hasilnya, terkumpul 18.000 tanda tangan. Tetapi, Liga Rugbyy Nasional di Australia mengabaikan tekanan untuk membatalkan penampilan tersebut.

12. The Chainsmokers

The Chainsmokers baru saja muncul bersama penyanyi pop, seperti Demi Lovato dan Britney Spears, dalam sebuah video musik dari penyanyi dan penulis lagu asal Brazil, Yann. Lagu yang berjudul Igual itu menceritakan kekerasan terhadap orang-orang LGBT di Brazil.

Sebelumnya, mereka juga muncul dalam sebuah video yang dibuat dalam kemitraan antara Billboard dan GLAAD yang menyuarakan perlawanan terhadap larangan militer terhadap kaum transgender oleh Presiden Trump.

Musisi lain yang juga menyuarakan dukungan terhadap kaum LGBT, antara lain Ariana Grande, Lady Gaga, Madonna, Miley Cyrus, Lana Del Rey, Rihanna, Beyonce, Kelly Clarkson, Kelima Harmoni, Katy Perry, P!Nk, dan Diana Ross.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Akhirnya, Beyonce Pamerkan Si Kembar ke Publik


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler