⁠⁠⁠⁠⁠‎ASDP Siap Tingkatkan Kapasitas Dermaga di Padangbai

Senin, 18 Juli 2016 – 04:25 WIB
Ilustrasi. Foto istimewa

jpnn.com - PADANGBAI - PT ASDP Indonesia Ferry bakal meningkatkan kapasitas sarana dan prasarana pelabuhan, khususnya di lintasan Padangbai (Bali) - Lembar (Lombok). Itu dilakukan demi mendongkrak kualitas pelayanan terhadap pengguna jasa.

Direktur Teknik PT ASDP Indonesia Ferry M Fitri Natriawan mengatakan, perseroan tengah mengkaji peningkatan kapasitas dermaga, yang diusulkan Kementerian Perhubungan.

BACA JUGA: ⁠⁠⁠⁠⁠‎Rute Kereta Bandara Kuala Namu Bakal Diperpanjang

Di mana, Kemenhub sejak lama mendorong ASDP agar meningkatkan kapasitas dermaga di Pelabuhan Padangbai, yang idealnya memang harus berpasangan dengan pelabuhan tujuan, yakni Pelabuhan Lembar (Lombok).

"Kapasitas dermaga eksisting saat ini 30 ton, akan kami kaji untuk ditingkatkan menjadi 40-50 ton," katanya, di sela kunjungan Sekjen Kementerian Perhubungan Sugihardjo di Pelabuhan Padangbai, Minggu (17/7).

BACA JUGA: Harga Karet Terjun Bebas, Pemerintah Diminta Cepat Cari Solusi

Untuk jangka pendek, lanjut Fitri, ASDP juga akan membuat jalur penumpang pejalan kaki, yang dilengkapi dengan kanopi agar tidak kepanasan ataupun kehujanan.

Saat ini ada tiga dermaga di Pelabuhan Lembar, sedangkan di Pelabuhan Padangbai baru terdapat dua unit.

BACA JUGA: Bandara Malang Lumpuh, Pastikan Calon Penumpang Ditangani Dengan Baik

Karena itu, kapasitas tampung kendaraan dan penumpang di pelabuhan Padang Bai harus ditingkatkan.

"Saat ini, hanya cukup menampung sekitar 450 unit jenis truk, 1.500 unit sepeda motor, 64 unit mobil pribadi, dan sekitar 100-an penumpang pejalan kaki.

Di lintasan Lembar-Padang Bai beroperasi sekitar 33 unit kapal dengan rata-rata 24 trip per harinya," tandas Fitri. (chi/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bandara Malang Masih Lumpuh, 8 Penerbangan Dialihkan dan 6 Cancel


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler