Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

10 Langkah Pemerintah Amankan Rupiah

Rabu, 29 Oktober 2008 – 00:16 WIB
10 Langkah Pemerintah Amankan Rupiah - JPNN.COM
Foto : Raka Deny/JAWAPOS
JAKARTA – Presiden Susilo BambangYudhoyono merespon melemahnya rupiah terhadap dolar. Selasa (28/10) malam, SBY mengelar rapat kabinet terbatas bidang ekonomi. Dalam rapat tersebut diputuskan 10 langkah pemerintah dalam mengamankan mata uang rupiah. 

Menteri yang ikut rapat tadi malam yakni Plt Menko Perekonomian/Menkeu Sri Mulyani, Menko Kesra Aburizal Bakrie, Menko Polhukam Widodo AS, Menteri BUMN Sofyan Djalil, Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu, Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro, Gubernur BI Boediono, dan Kapolri Jenderal Pol. Bambang Hendarso. Sri Mulyani dalam keterangan pers usai rapat kabinet mengatakan gejolak rupiah segera teratasi dengan langkah-langkah yang akan diambil pemerintah. ’’Pelaku ekonomi tetap tenang, jangan panik, serta bersatu mengatasi masalah bersama-sama sesuai peran dan tanggung jawab masing-masing,’’ kata Sri Mulyani.

Menkeu menjelaskan sepuluh langkah yang segera dijalankan pemerintah. Pertama menjaga kesinambungan neraca pembayaran/devisa. Untuk langkah ini pemerintah mewajibkan seluruh BUMN menempatkan seluruh hasil valuta asingnya di bank dalam negeri. Dalam satu kliring house, BUMN diwajibkan melaporkan informasi tentang penghasilan dan kebutuhan valas ke kementerian BUMN.

Langkah kedua, kata Sri Mulyani, menjaga kesinambunagn neraca pembayaran/devisa dan mempercepat pembangunan infrastruktur. Proyek-proyek yang dibiayai dengan valuta asing dipercepat agar mata uang asing masuk ke Indonesia.

JAKARTA – Presiden Susilo BambangYudhoyono merespon melemahnya rupiah terhadap dolar. Selasa (28/10) malam, SBY mengelar rapat kabinet terbatas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA