Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

100 Orang Tewas, Rezim Iran Rayakan Kemenangan Atas Demonstran

Sabtu, 23 November 2019 – 10:42 WIB
100 Orang Tewas, Rezim Iran Rayakan Kemenangan Atas Demonstran - JPNN.COM
Aksi demonstrasi berubah jadi kerusuhan di Tehran, Iran. Foto: AFP

jpnn.com, TEHRAN - Pemerintah Iran dengan bangganya mengumumkan keberhasilan meredam demonstrasi yang dipicu kenaikan bahan bakar. Padahal, lebih dari 100 demonstran diperkirakan tewas dan ribuan lainnya ditahan aparat keamanan.

Garda Revolusi diklaim berhasil menghancurkan gerakan antipemerintah dan menangkap para pemimpin aksi. Situasi di seluruh penjuru negeri pun diklaim sudah kembali normal.

"Sekitar 100 pemimpin dan tokoh penting dalam kerusuhan telah diidentifikasi dan ditangkap Garda Revolusi di sejumlah lokasi berbeda," ujar Juru Bicara Departemen Kehakiman Iran Gholamhossein Esmaili, Jumat (22/11).

Total ada sekitar seribu demonstran yang sudah ditahan aparat keamanan. Pemerintah menegaskan bahwa mereka yang terbukti ikut dalam kerusuhan akan mendapat hukuman berat.

Sementara itu, Amnesty International melaporkan bahwa lebih dari 100 demonstran telah tewas sejak demonstrasi pecah pekan lalu. Namun, besar kemungkinan jumlah sebenarnya lebih dari itu.

Klaim tersebut jelas dibantah pemerintah Iran. Versi Tehran, jumlah korban tewas tidak sampai 10 orang.

Aksi protes mulai bermunculan di sejumlah kota pada 15 November lalu setelah pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak sebesar 50 persen. Demonstrasi dengan cepat menjalar ke kota-kota lain dan berubah jadi aksi menuntut pergantian rezim. (reuters/dil/jpnn)

Pemerintah Iran dengan bangganya mengumumkan keberhasilan meredam demonstrasi yang dipicu kenaikan bahan bakar. Padahal, lebih dari 100 demonstran diperkirakan tewas

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close