Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

100 Sekolah Bakal Disulap Jadi Ruang Isolasi ODP dan PDP, Begini Reaksi KPAI

Kamis, 23 April 2020 – 10:10 WIB
100 Sekolah Bakal Disulap Jadi Ruang Isolasi ODP dan PDP, Begini Reaksi KPAI - JPNN.COM
Petugas medis membawa seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Foto: antaranews.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti mendukung rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyulap 100 SD hingga SLTA di DKI Jakarta sebagai ruang isolasi alternatif untuk orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Menurut Retno, berdasarkan surat laporan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nomor 4434/-1.772.1 yang ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan Nahdiana pada Senin (20/4/2020), 100 sekolah itu dipersiapkan untuk antisipasi jika dibutuhkan begitu angka penularan covid-19 semakin meningkat tajam.

“Menurut saya ini langkah untuk berjaga-jaga kalau terjadi lonjakan drastis ODP dan PDP. Belum tentu juga dipergunakan jika masih dapat diatasi RS atau dilakukan isolasi secara mandiri," kata Retno dikutip dari keterangannya, Kamis (23/4).

Di sisi lain, KPAI menurutnya menerima dua pengaduan keberatan penggunaan gedung sekolah untuk fasilitas isolasi warga yang terpapar virus corona.

Atas pengaduan itu, KPAI sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta dan mendapatkan penjelasan yang komprehensif.

Untuk itu, kata Retno, KPAI mendorong Pemprov memberikan penjelasan kepada publik melalui infografis yang mudah disebarluaskan dan cepat dipahami.

Selain itu sosialisasi juga harus dilakukan pihak kelurahan dan kecamatan di mana sekolah-sekolah rujukan itu ada dalam wilayah tugasnya.

KPAI mengingatkan Pemprov DKI untuk menyiapkan hal penting jika sekolah digunakan sebagai ruang isolasi ODP, yaitu memastikan toilet dan kamar mandi yang memadai serta menambah jumlah wastafel di tiap ruang kelas yang akan jadi kamar isolasi.

KPAI sudah melakukan koordinasi dengan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta terkait rencana menjadikan sekolah sebagai tempat isolasi ODP dan PDP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close