Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

11 ABK Kapal Hong Kong di Kaltim Positif Covid-19 Varian Omicron dan Delta

Senin, 07 Februari 2022 – 09:32 WIB
11 ABK Kapal Hong Kong di Kaltim Positif Covid-19 Varian Omicron dan Delta - JPNN.COM
Sebanyak 11 dari 22 ABK kapal Hong Kong yang berllayar di perairan di Kaltim positif Covid-19. Sebagian kena varian Omicron dan Delta Foto: Ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SAMARINDA - Sebanyak 11 anak buah kapal atau ABK Kapal MV Ocean Treasure berbendera asing terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron dan Delta.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Balikpapan M Zainul menerangkan Kapal MV Ocean Treasure tersebut mulanya berlayar dari Filipina dengan membawa sebanyak 22 ABK.

Rencananya, kapal berbendera Hong Kong itu hendak memuat batu bara di kawasan Kecamatan Grogot, Kabupaten Paser pada 14 Januari lalu.

Namun, saat kapal baru tiba di perairan Adang Bay, Paser untuk memuat batu bara, para ABK menjalani pemeriksaan kesehatan.

"Beberapa ABK saat itu ada yang mengalami gejala flu," ungkap Zainul saat dikonfirmasi JPNN.con dari samarinda pada Sabtu (5/2).

Hasil pemeriksaan, 11 dari 22 ABK kapal Hong Kong dinyatakan positif Covid-19.

Selanjutnya, petugas mengambil tujuh sampel untuk diperiksa lebih lanjut dan dikirimkan ke Puslitbangkes Kemenkes RI di Jakarta.

Pada 3 Februari, hasil pemeriksaan whole genome sequence (WGS) menyatakan tiga dari tujuh ABK kena Omicron, sedangkan satu lainnya positif varian Delta.

Sebanyak 11 dari 22 ABK kapal Hong Kong yang berllayar di perairan di Kaltim positif Covid-19. Sebagian kena varian Omicron dan Delta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close