Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

13 Awak Kapal Asing Positif Covid-19 Masuk Jateng, Ini Reaksi Pak Ganjar

Minggu, 09 Mei 2021 – 06:06 WIB
13 Awak Kapal Asing Positif Covid-19 Masuk Jateng, Ini Reaksi Pak Ganjar - JPNN.COM
Gubernur Ganjar Pranowo di kediamannya. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan koordinasi terkait penanganan 13 awak buah kapal (ABK) sebuah kapal asing yang covid-19 di Cilacap, Jateng terus dilakukan.

Termasuk koordinasi dengan Balitbangkes terkait tes genome untuk mengetahui varian virus Covid-19 yang menjangkit belasan ABK tersebut.

"Saya sudah koordinasi dengan bupati dan minta agar ada koordinasi antar-dinas kesehatan. Kemarin juga sudah saya minta agar dilakukan press release oleh pemerintah Kabupaten Cilacap. Sampai saat ini sudah tertangani," kata Ganjar saat ditemui di Rumah Dinas Puri Gedeh.

Ganjar menjelaskan langkah-langkah penanganan sudah dilakukan sejak ada laporan masuk pertama kali dan otoritas karantina kesehatan pelabuhan (KKP) kelas II Cilacap juga langsung turun tangan.

Penghentian bongkar muat juga dilakukan dengan koordinasi dari KSOP. Seluruh ABK yang hasil PCR negatif menjalani isolasi mandiri di atas kapal. Sterilisasi juga dilakukan oleh KKP, baik di kapal maupun di sekitar areal kapal bersandar.

"Hasil swab juga kami kirim ke Balitbangkes agar dilakukan tes genome, ini masih menunggu hasil dari Balitbangkes sekitar dua pekan," jelasnya.

Selain itu, langkah penanganan juga dilakukan terhadap belasan ABK yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan merujuk ke RSUD Cilacap.

Laporan terakhir ada satu ABK yang membutuhkan perawatan intensif sehingga pemerintah sudah memfasilitasi terapi plasma konvalesen.

Langkah penanganan juga dilakukan anak buah Gubernur Ganjar Pranowo terhadap belasan awag kapal asing yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan merujuk ke RSUD Cilacap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close