Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

1.400 Hektare Tanaman Padi di Demak Tergenang Banjir

Jumat, 09 Februari 2024 – 09:30 WIB
1.400 Hektare Tanaman Padi di Demak Tergenang Banjir - JPNN.COM
Tanaman padi di Desa Kalianyar, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, tergenang banjir. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jpnn.com - DEMAK - Banjir di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, turut menggenangi areal tanaman padi milik petani.

Berdasar catatan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Jawa Tengah, luas areal tanaman padi petani yang tergenang banjir di sejumlah daerah mencapai 1.400-an hektare, dengan usia tanaman bervariasi. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Agus Herawan mengatakan bahwa banjir terjadi karena adanya air kiriman dari daerah atas.

Oleh karena itu, ketika air kiriman masih berlangsung, tentunya data lahan tanaman padi yang terdampak banjir masih memungkinkan bertambah.

"Data sementara untuk luas areal tanaman padi yang tergenang sekitar 1.400-an hektare. Tentunya masih bisa bertambah karena daerah yang terdampak banjir juga makin meluas," kata Agus Herawan di Demak, Jumat (9/2).

Dia mengatakan nantinya semua tanaman padi terdampak akan didata kemudian dilaporkan, termasuk yang puso, untuk diupayakan mendapatkan bantuan dalam rangka meringankan beban petani.

Kepala Desa Dempet, Kecamatan Dempet, Suwondo mengungkapkan lahan tanaman padi di desanya juga terdampak banjir.

Dia menyebut untuk luas areal lahan yang terdampak banjir itu berkisar 70-an hektare, dengan usia tanaman antara 45-60 hari.

Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak, Jawa Tengah, menyatakan 1.400 hektare areal tanaman padi tergenang banjir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close