Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

150 Pengungsi Tenggelam di Pantai Libya

Senin, 29 Juli 2019 – 03:27 WIB
150 Pengungsi Tenggelam di Pantai Libya - JPNN.COM
Pengungsi di Roma. Foto: AFP

jpnn.com, TRIPOLI - Ratusan pengungsi dan migran diduga tenggelam saat perahu-perahu yang mereka tumpangi terbalik di lepas Pantai Libya di laut Mediterania. Hal itu diketahui berdasarkan adanya informasi dari badan-badan bantuan setempat.

Menurut stasiun berita Aljazeera, juru bicara penjaga pantai Libya, Ayoub Qasim menyatakan, setidaknya dua perahu mengangkut sekitar 300 orang migran. Perahu itu diyakini tenggelam sekitar jarak 120 kilometer dari wilayah Tripoli. Dia juga mengatakan untungnya 134 orang korban masih bisa diselamatkan. Sebagian besar orang yang diselamatkan dari laut berasal dari Ethiopia dan lainnya warga Palestina dan Sudan.

Badan Migrasi Internasional (IOM) melalui akun Twitter resminya mengumumkan kemarin, 150 orang diduga tenggelam dan 154 orang berhasil diselamatkan dan dikembalikan ke Libya setelah insiden itu terjadi.

Sementara juru bicara Badan Pengungsi PBB (UNHCR) Charlie Yaxley mengatakan, para penyintas (orang yang berhasil bertahan hidup hingga diselamatkan) ditolong para nelayan lokal kemudian diantarkan hingga ke pinggir pantai oleh satuan penjaga pantai Libya. “Kami memperkirakan ada 150 orang migran yang tenggelam dan tewas,” kata Yaxley.

BACA JUGA: 65 Pengungsi Rohingnya Terdampar di Thailand

Jumlah korban tersebut kata dia termasuk perempuan dan anak-anak.“Sebuah tragedi kemanusiaan paling buruk di laut Mediterania tahun ini baru saja terjadi,” kata Komisi Pengungsi untuk PBB Filippo Grandi dalam kesempatan berbeda.

Grandi meminta negara-negara Eropa kembali melakukan misi penyelamatan di Mediterania yang dihentikan setelah keputusan Uni Eropa (UE). Dia juga meminta diakhirinya penahanan migran di Libya. (DAY/rmco)

Ratusan pengungsi dan migran diduga tenggelam saat perahu-perahu yang mereka tumpangi terbalik di lepas Pantai Libya di laut Mediterania

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMCO.id

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close