Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

151 Nakes Nusantara Sehat Siap Mengabdi di Pelosok Negeri

Rabu, 02 November 2022 – 09:46 WIB
151 Nakes Nusantara Sehat Siap Mengabdi di Pelosok Negeri - JPNN.COM
Wamenkes Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono melakukan pemeriksaan barisan peserta tenaga kesehatan (nakes) peserta Nusantara Sehat (NS). (ANTARA/HO-Kemenkes)

jpnn.com - JAKARTA - Sebanyak 151 tenaga kesehatan (nakes) peserta Nusantara Sehat siap mengabdi di pelosok negeri.

Sebanyak 151 peserta Nusantara Sehat terdiri dari 35 profesi ahli teknologi laboratorium medik, tiga bidan, 19 dokter umum, 20 dokter gigi, delapan perawat, 20 tenaga farmasi, 21 tenaga gizi, 25 tenaga kesehatan lingkungan, 10 tenaga kesehatan masyarakat.

Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Herbuwono mengatakan tenaga kesehatan Nusantara Sehat bekerja tim secara periodik selama dua tahun dalam sistem pelayanan kesehatan di puskesmas. Mereka bertugas sebagai pendamping, pemberi layanan kesehatan, dan penguatan program.

"Mereka bertugas di 28 puskesmas berstatus terpencil dan sangat terpencil yang tersebar di 23 kabupaten di 11 provinsi," kata Dante dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (2/11).

Menurutnya, Kemenkes berkomitmen melakukan transformasi kesehatan melalui enam pilar, salah satunya transformasi sumber daya manusia kesehatan yang menjadi fondasi dasar dalam memberikan pelayanan kesehatan terjangkau dan berkualitas.

Dia mengatakan salah satu caranya diperlukan pengelolaan SDM kesehatan yang baik.

Hal itu untuk menjamin SDM kesehatan berkualitas.

Menurut dia, hal tersebut dimulai dari perencanaan, penyediaan, pendayagunaan, peningkatan mutu, pembinaan, dan pengawasan SDM kesehatan.

Sebanyak 151 tenaga kesehatan (nakes) yang menjadi peserta Nusantara Sehat siap mengabdi di pelosok negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close