Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

1,6 Juta Guru Belum Sertifikasi, Honorer Terjerat Pinjol, Apa Solusi dari 3 Capres?

Selasa, 28 November 2023 – 08:42 WIB
1,6 Juta Guru Belum Sertifikasi, Honorer Terjerat Pinjol, Apa Solusi dari 3 Capres? - JPNN.COM
Massa honorer unjuk rasa menuntut diangkat menjadi CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) menilai visi dan misi ketiga pasangan capres dan cawapres belum menyentuh akar masalah pendidikan dan guru.

Karena itu, P2G berharap ketiga pasangan capres dan cawapres dapat mengutamakan kesejahteraan guru di dalam visi dan misi mereka masing-masing.

“Isi misi dan program para capres masih bersifat populis dan belum menyentuh akar masalah pendidikan dan guru,” kata Koordinator Nasional P2G Satriwan Salim dalam keterangan di Jakarta, Senin (27/11).

Satriwan mengatakan kesejahteraan guru yang kini masih perlu ditingkatkan merupakan satu dari beberapa permasalahan yang masih dihadapi guru sehingga membutuhkan dukungan dari berbagai pihak termasuk oleh capres dan cawapres.

"Terlebih, isu tersebut selalu menjadi isu utama seiring dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat sebanyak 42 persen masyarakat Indonesia yang terjerat pinjaman online berprofesi sebagai guru," kata Satriwan Salim.

Hal itu berarti profesi guru merupakan pekerjaan yang sangat rentan secara finansial mengingat mayoritas guru honorer masih berupah Rp300 ribu sampai Rp500 ribu per bulan dan dibayarkan sekaligus per tiga bulan.

Permasalahan lainnya adalah mengenai perlunya optimalisasi kompetensi guru serta menata sistem rekrutmen dan distribusi guru menjadi lebih baik, memaksimalkan perlindungan bagi guru, sekaligus mendukung pengembangan karier guru.

P2G mendorong capres dan cawapres untuk memiliki strategi menyiapkan kompetensi guru sesuai Undang-Undang Guru dan Dosen termasuk strategi tata kelola dan revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

Masih banyak persoalan terkait nasib guru honorer dan mekanisme pengangkatan mereka jadi PPPK. Mana konsep dari 3 capres?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close