Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

17 Nelayan Thailand Keracunan di Pontianak

Kamis, 26 Juni 2008 – 12:15 WIB
17 Nelayan Thailand Keracunan di Pontianak - JPNN.COM
PONTIANAK - Belasan nelayan asing asal Thailand yang ditangkap dan menjadi tahanan TNI Angkatan Laut Pontianak keracunan ikan buntal, Rabu (25/6) sore di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Jumlah mereka diperkirakan 17 orang.

Para nelayan itu tampak terbaring lemas di Unit Gawat Darurat (UGD) Rumah Sakit Santo Antonius (RSSA) Pontianak. Informasi yang beredar menyebutkan dua nelayan meninggal dunia. Sedangkan dua lainnya masih dirawat intensif di Rumah Sakit Umum Dokter (RSUD) Soedarso Pontianak.

Informasi yang berhasil dihimpun, sebelumnya para nelayan ini menangkap ikan buntal dengan menggunakan jaring. Oleh para nelayan, ikan tersebut dimakan bersama-sama. Kemudian sekitar pukul 17.00 WIB mereka mengalami keracunan.

Pantauan di RSSA Pontianak, tampak para nelayan yang sama sekali tidak bisa berbicara dengan bahasa Indonesia ini terbaring lemas, namun tidak semuanya diinfus. Beberapa aparat dari kesatuan TNI AL berjaga-jaga di dalam UGD. Tempat tidur di ruang UGD tersebut terlihat penuh.

Dokter UGD RSSA Pontianak, Karida Salim, membenarkan kalau nelayan asing tersebut keracunan ikan buntal. “Di dalam UGD mereka tidak muntah. Tapi tadi di luar ruangan ada yang muntah karena keracunan sewaktu makan di kapal,” kata Karida.

Menurutnya, dari belasan pasien tersebut, empat orang diantaranya harus dipasangi infus karena kondisinya lemah. Dia mengatakan, kemungkinan dalam Ikan Buntal banyak mengandung racun berbahaya.

“Yang parah kita lakukan pertolongan dengan memberikan infus. Racun ikan ini, mungkin bisa menyebabkan kematian. Biasanya reaksinya cepat di tubuh manusia,” katanya.

Sementara itu, Komandan Lanal Pontianak Letkol Laut (S) Taufik Harun yang hendak dikonfirmasi soal ini belum bersedia memberikan keterangan resmi. Taufik hanya mengatakan, “Nanti saya akan adakan konfrensi pers.”

PONTIANAK - Belasan nelayan asing asal Thailand yang ditangkap dan menjadi tahanan TNI Angkatan Laut Pontianak keracunan ikan buntal, Rabu (25/6)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close