Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2 Sekolah Binaan YPA-MDR Raih Penghargaan dari KLHK

Rabu, 18 Oktober 2023 – 16:31 WIB
2 Sekolah Binaan YPA-MDR Raih Penghargaan dari KLHK - JPNN.COM
Dua sekolah binaan Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berhasil memenuhi kriteria sebagai “Sekolah Adiwiyata Nasional” dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Foto dok. YPA-MDR

jpnn.com, JAKARTA - Dua sekolah binaan Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra - Michael D. Ruslim (YPA-MDR) berhasil memenuhi kriteria sebagai “Sekolah Adiwiyata Nasional” dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

SDN 2 Widoro, Kabupaten Pacitan dan SMPN 4 Leuwiliang, Kabupaten Bogor termasuk dalam 417 Sekolah Adiwiyata Nasional 2023, yaitu tingkat kedua tertinggi setelah Sekolah Adiwiyata Mandiri.

Penghargaan “Sekolah Adiwiyata” diberikan kepada sekolah-sekolah yang dianggap oleh KLHK sukses menyelenggarakan pendidikan lingkungan hidup sesuai yang tertulis dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup RI Nomor 05/2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata. 

KLHK bertujuan meningkatkan kesadaran warga sekolah terhadap lingkungan, sehingga timbulnya inisiatif dalam merawat lingkungan sekitarnya melalui peraturan tersebut.

Kepala Sekolah SDN 2 Widoro Tri Wahono dan Kepala Sekolah SMPN 4 Leuwiliang Juwariyah merasa bangga saat menerima penghargaan.

"Penghargaan Sekolah Adiwiyata Nasional ini berkat kerja keras dalam ketekunan belajar dan mengedukasi para siswa untuk peduli pada lingkungan alam demi masa depan yang berkelanjutan," kata Tri Wahono dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/10).

YPA-MDR menginisiasikan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) berupa pelatihan dan pendampingan intensif bagi para guru serta siswa. 

Sementara itu, Juwariyah mengatakan gerakan PBLHS merupakan upaya untuk memperluas wawasan, meningkatkan keterampilan, sikap, dan aksi kepedulian terhadap lingkungan untuk keberlanjutan hidup generasi yang akan datang. 

Dua sekolah binaan YPA-MDR berhasil meraih penghargaan tingkat kedua tertinggi dari KLHK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close