Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

20 Pegiat Seni Akan Beradu Kreativitas di Super Art Fest 2019

Kamis, 17 Oktober 2019 – 11:04 WIB
20 Pegiat Seni Akan Beradu Kreativitas di Super Art Fest 2019 - JPNN.COM
Pengumuman 20 finalis Super Art Fest. Foto: Dok. Supermusic

jpnn.com, JAKARTA - Kompetisi kreativitas kesenian Super Art Fest akhirnya masuk tahap penjurian. Sebanyak 20 finalis lolos seleksi dan akan beradu konsep di bidang seni ilustrasi, comic strip, street art dan custom art.

“Super Art Fest sebagai wadah baru bagi para penggiat seni kreatif di Indonesia dengan semangat muda, berkarakter serta berani untuk mencoba hal-hal baru. Hal ini sejalan dengan semangat Supermusic sebagai media musictainment yang gak hanya mendukung perkembangan dunia musik tapi juga dunia seni dan kreativitas di Indonesia” ujar Adjie Aditya Purwaka selaku perwakilan dari Supermusic, dalam siaran tertulisnya, Kamis (17/10).

Menurut Adjie, para finalis akan dinilai oleh para juri dari bidangnya, yakni Tutu (juri kategori Street Art), Emte (juri kategori Ilustrasi), Sanchia (juri kategori Comic Strip), dan Hardthirteen (juri kategori Custom Sneakers). Selain itu, mereka juga akan bertemu Leon Barto, kurator Super Art Fest dan juga seorang kurator di Yamaguchi Art Center, Jepang.

Pada tahap ini, lanjut Adjie, para finalis akan mempresentasikan karya mereka, dan harus melalui sesi tanya jawab dengan para juri sebagai penilaian akhir yang akan menentukan posisinya sebagai juara. Panitia, juri dan kurator menetapkan 3 kriteria penilaian, antara lain kriteria dasar yang akan menguji konsep, ide pengaplikasian, keserasian antara konsep dan aplikasinya, hingga tersampainya pesan. Kriteria kedua adalah kriteria teknis penilaian yang disesuaikan dengan teknis tiap kategori kompetisi, dan yang terakhir adalah kriteria penilaian yang dibuat khusus untuk sesi temu juri.

“Setelah itu, panitia akan mengumumkan tiga juara dari setiap kategori. Juara pertama akan mendapat hadiah uang tunai jutaan rupiah dan diberangkatkan untuk melihat festival seni tahunan Hong Kong Walls, dan Hong Kong Art Basel pada 2020,” jelasnya.

Setelah tahapan temu juri ini, masih akan terdapat Promotion Night untuk para finalis mempromosikan karya mereka. Acara ini sebagai pemanasan menuju Awarding Night yang akan diselenggarakan di Livespace, SCBD, pada 1 Februari 2020.

Super Art Fest sendiri berhasil menjaring 552 peserta sejak pertama kali digulirkan. Mereka dari berbagai pelosok Indonesia seperti Bali, Lombok, Sulawesi, Kalimantan dan Sumatera. Jabodetabek menyumbangkan peserta terbanyak, disusul secara berurutan Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Bali, Sulawesi, Kalimantan, dan Lombok.(mg7/jpnn)

Sebanyak 20 finalis lolos seleksi dan akan beradu konsep kreatif dalam Super Art Fest 2019.

Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close