Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2011, Politik Dinasti Makin Menguat

Selasa, 11 Januari 2011 – 21:47 WIB
2011, Politik Dinasti Makin Menguat - JPNN.COM
CSIS menggelar diskusi dengan tema "Paparan Outlook Politik dan Ekonomi 2011". Diskusi ini menghadirkan pembicara J. Kristiadi, Nico Harjanto, Medelina K. Hendityo dan Deni Friawan. Foto : Arundono Wicaksono/JPNN
JAKARTA - Pengamat politik Center for Strategic and International Studies (CSIS), J Kristiadi mengatakan, prospek dan dinamika politik tahun 2011 kecenderungannya menguatkan oligarki dan dinasti politik. Para penguasa, baik di pusat maupun daerah, akan berupaya menurunkan kekuasaannya kepada anggota keluarganya. Salah satu buktinya adalah dimunculkannya nama Any Yudhoyono sebagai calon presiden (capres).

"Siapa saja, oligarki dan politik semakin menguat," kata J Kristiadi pada diskusi bertajuk "Proyeksi dan Dinamika Ekonomi Politik 2011" di Jakarta, Selasa (11/1).

Kristiadi mencatat, di tingkat nasional sekitar 40 persen fenomena oligarki dan monarki politik ada di lembaga eksekutif, DPR dan DPD. Persentase hasil dari Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2010, kata dia, lebih tinggi lagi.

"Fenomena ini dapat dipastikan akan mengakibatkan demokrasi kehilangan rohnya karena kompetisi medan pertarungan tidak adil. Mereka yang mempunyai modal dari kekuasaan yang diperoleh dengan politik uang, memiliki akses kepada kekuasaan dan mempunyai peluang yang lebih besar untuk menang," ujarnya.

JAKARTA - Pengamat politik Center for Strategic and International Studies (CSIS), J Kristiadi mengatakan, prospek dan dinamika politik tahun 2011

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA