Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

24 Ekor Ular Ditangkap

Minggu, 22 Desember 2019 – 00:02 WIB
24 Ekor Ular Ditangkap - JPNN.COM
Petugas DPKPB Purwakarta menangkap ular kobra di Kampung Cisalak, RT 16/06, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao. Foto: Radar Karawang

jpnn.com, PURWAKARTA - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Purwakarta, Jawa Barat, kembali berhasil menangkap ular king kobra, di Kampung Cisalak, RT 16 RW 06, Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao.

Kepala DPKPB Purwakarta Wahyu Wibisono mengatakan, dalam sebulan terakhir hingga kemarin sore pihaknya berhasil mengevakuasi ular sebanyak delapan kali penangkapan.

“Jadi sudah ada 21 ekor kobra yang kami amankan, satu ekor king kobra, satu ekor ular pucuk, dan satu ekor ular kopi,” katanya, Jumat (20/12).

Fenomena penemuan ular kobra hingga di berbagai wilayah, diakui Wahyu memang sudah tentu dapat mengkhawatirkan warga masyarakat. Namun, dirinya meminta warga tetap waspada di seluruh lingkungannya masing-masing.

Salah seorang petugas DPKPB Purwakarta, Mohamad Asar memberikan tips kepada warga masyarakat jika di rumahnya terdapat seekor ular.

“Jangan panik dengan keberadaannya. Bergegaslah ambil sapu injuk untuk menjauhkannya. Sapu injuk itu lebih efektif dibanding alat lain,” ujarnya.

Terkait cara mengusir ular dengan garam, kata Asar, hal itu masih menjadi sesuatu yang diyakini warga. Tetapi, cara itu kurang efektif mengingat musim hujan yang dapat membasahi permukaan.

“Hindari barang-barang yang menumpuk di halaman rumah. Kalau tak digunakan lebih baik dibuang. Karena ular suka membuat sarang di lokasi seperti itu untuk dapat kehangatan,” katanya. (gan)

loading...