Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

24 Kendaraan Rudal Hingga 18 Pesawat Tempur Dikerahkan ke Istana Merdeka, Ada Apa?

Minggu, 03 Oktober 2021 – 21:31 WIB
24 Kendaraan Rudal Hingga 18 Pesawat Tempur Dikerahkan ke Istana Merdeka, Ada Apa? - JPNN.COM
Dua pesawat tempur F16 milik TNI. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/21)

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 112 alat utama sistem senjata (alutsista) akan dikerahkan di sekitar Istana Merdeka, tepatnya di sepanjang Jalan Merdeka Barat, Jalan Merdeka Selatan, dan Jalan Merdeka Utara.

Pengerahan alutsista di sekitar Istana Merdeka untuk memperingati HUT ke-76 TNI yang jatuh tanggal 5 Oktober.

"Gelar alutsista tersebut merupakan bentuk perwujudan kekuatan TNI saat ini dan juga sebagai laporan kepada Presiden RI serta masyarakat bahwa anggaran yang diberikan salah satunya digunakan sebagai pengadaan kebutuhan alutsista," kata Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Laut (KH) Edys Riyanto, Minggu.

Beberapa jenis alutsista yang akan ditampilkan yaitu dua unit kendaraan taktis ringan Sherpa Light Scout, 35 unit kendaraan taktis Anoa, delapan unit Indonesia Light Strike Vehicle (ILSV) Armoured Personel Carrier, dan dua unit Rantis Bushmaster.

Selanjutnya ada 19 unit P6 Atav, 24 unit kendaraan Rudal Mistral, dua unit BTR 4, satu unit Aligator, dua unit APC Turangga, lima unit MLRS (RM 70 Vampire dan Tatrapan), dua unit Orlikon Skyshield, empat unit MLRS Astros, serta enam unit Armed Caesar 155 MM.

TNI juga akan mendemonstrasikan 18 pesawat tempur dan delapan pesawat helikopter TNI di atas langit Jakarta.

Pesawat tempur TNI AU itu terdiri dari T-50i Golden Eagle "Golden Flight" (Skadron Udara 15), dan F-16 Fighting Falcon "Dragon Flight" (Skadron Udara 3).

"Ada juga pesawat tempur SU-27/30 'Bajra Flight' (Skadron Udara 14 dan 11) yang akan melaksanakan terbang formasi 'arrow head' dan manuver 'bomb burst' tepat di atas Istana Merdeka," kata Kolonel Edys.

Sebanyak 112 alat utama sistem persenjataan (alutsista) seperti kendaraan rudal akan dikerahkan ke Istana Merdeka, termasuk belasan pesawat tempur Golden Eagle hingga F-16

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close