Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

24 Tahun Lalu Ada Insiden Berdarah di Markas PDI, tetapi Megawati Tak Ajarkan Balas Dendam

Senin, 27 Juli 2020 – 13:13 WIB
24 Tahun Lalu Ada Insiden Berdarah di Markas PDI, tetapi Megawati Tak Ajarkan Balas Dendam - JPNN.COM
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada pembukaan Sekolah Pimpinan Dewan Provinsi, Kabupaten/Kota Gelombang I di Depok, Jawa Barat, Jumat (22/11). Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada hari ini (27/7) memperingati peristiwa Kerusuhan 27 Juli 1996.

Peristiwa berdarah yang juga dikenal dengan sebutan Kudatuli atau Sabtu Kelabu itu bermula ketika kantor DPP PDI di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat diserbu oleh massa yang menentang kepemimpinan Megawati Soekarnoputri.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, pihaknya sudah menyiapkan acara untuk peringatan Kudatuli. “Peringatan Peristiwa 27 Juli di kantor DPP PDI Perjuangan dilakukan dengan tabur bunga, doa, dan webinar,” ujarnya.

Lebih lanjut Hasto menjelaskan, Megawati yang memimpin PDI secara sah, berhadapan dengan tekanan dari pemerintahan Orde Baru yang otoriter. Selanjutnya, pemerintahan Orde Baru melakukan tindakan anarkistis yang antidemokrasi dengan menyerang kantor DPP PDI.

“Serangan tersebut tidak hanya menyerang simbol kedaulatan partai politik yang sah, namun juga membunuh demokrasi. Kekuasaan dihadirkan dalam watak otoriter penuh tindakan anarkistis,” katanya.

Hasto menambahkan, memang kala itu kantor PDI luluh lantak. Namun, katanya, sejarah mencatat energi perjuangan rakyat tidak surut.

Walakin, kala itu Megawati memilih jalur hukum di tengah kuatnya pengaruh penguasa Orde Baru. Hasto  menyebut pilihan sikap Megawati menunjukkan keyakinan politik yang sangat kuat.

“Lebih jauh lagi, keyakinan terhadap kekuatan moral terbukti mampu menggalang kekuatan demokrasi arus bawah,” katanya.

PDIP pada hari ini (27/7) memperingati peristiwa Kerusuhan 27 Juli 1996 yang dikenal dengan sebutan Kudatuli atau Sabtu Kelabu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close