Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

25 Provinsi Semarakkan FTBIN 2024, Ini Target Badan Bahasa Kemendikbudristek 

Rabu, 01 Mei 2024 – 22:59 WIB
25 Provinsi Semarakkan FTBIN 2024, Ini Target Badan Bahasa Kemendikbudristek  - JPNN.COM
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., (tengah) dalam taklimat media FTBIN 2024. Foto Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra menyelenggarakan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN). Ini adalah tahun kedua pelaksanaan FTBIN di Jakarta. 

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Hari Pendidikan Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. 

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek Prof. E. Aminudin Aziz, M.A., Ph.D., mengungkapkan tahun ini, FTBIN kembali diselenggarakan sebagai bentuk apresiasi atas semangat para generasi muda terbaik yang telah terpilih dalam FTBI dari 25 provinsi pada 2023.

Tercatat 520 peserta dan 38 pendamping yang berasal dari 25 provinsi akan mengikuti rangkaian kegiatan FTBIN mulai tanggal 1—5 Mei 2024.

Sementara itu, sebanyak 353 peserta Rakor (gubernur, bupati, dan wali kota) akan mengikuti kegiatan rakor pada 2—3 Mei 2024.

FTBIN merupakan bagian dari kegiatan diseminasi pelindungan bahasa yang diharapkan mampu menjadi media untuk menyosialisasikan kegiatan pelindungan bahasa daerah yang dilaksanakan oleh Badan Bahasa dan Pemerintah Daerah, terutama revitalisasi bahasa daerah. 

"Tema kegiatan FTBIN 2024 ini adalah “Melestarikan Bahasa Daerah, Menjaga Kebinekaan Indonesia," kata Aminudin dalam taklimat media di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu (1/5). 

Dia mengungkapkan penyelenggaraan Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional bertujuan memberikan apresiasi kepada para tunas bahasa ibu terpilih dari 25 provinsi atas semangatnya mempelajari bahasa daerah.

Ratusan peserta dari 25 provinsi menyemarakkan FTBIN 2024. Apakah target Badan Bahasa Kemendikbudristek? 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close