Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

26 Provinsi Italia Ditutup Gegara Virus Corona, Termasuk Milan

Minggu, 08 Maret 2020 – 17:49 WIB
26 Provinsi Italia Ditutup Gegara Virus Corona, Termasuk Milan - JPNN.COM
Beberapa personel militer mengenakan masker ketika berjaga-jaga di luar katedram Duomo, yang ditutup oleh pihak berwenang karena wabah virus corona, di Milan, Italia, Senin (24/2). Foto: ANTARA/REUTERS/Flavio Lo Scalzo/tm

jpnn.com, ROMA - Pemerintah Italia akhirnya memutuskan mengisolasi sejumlah wilayah di bagian utara negara tersebut dalam rangka mencegah penyebaran virus corona. Kebijakan ekstrem ini berdampak terhadap 16 juta orang, termasuk di antaranya warga kota Milan.

Kebijakan baru tersebut menyebutkan tidak ada warga yang diperbolehkan masuk dan keluar 12 provinsi di wilayah administratif Lombardy dan 14 provinsi tetangga. Perdana Menteri Giuseppe Conte mensahkan kebijakan tersebut menjadi undang-undang pada Sabtu (7/3) malam.

"Tidak boleh ada aktivitas masuk dan keluar area tersebut, atau di dalamnya, kecuali terkait dengan pekerjaan, situasi darurat, dan kesehatan," kata Conte dalam jumpa pers yang diadakan pada tengah malam.

"Kami berupaya menekan penyebaran virus dan mengantisipasi agar tidak ada lonjakan pasien di rumah sakit," tambah dia.

Sampai saat ini belum jelas seberapa ketat kebijakan itu akan diterapkan oleh anggota kepolisian pada hari pertama sejak aturan tersebut disahkan pada Minggu. Pasalnya, penerbangan yang ke luar dari dua bandara di Milan serta bandara di Venesia masih berjalan normal. Sementara itu, stasiun kereta api juga masih menjual tiket perjalanan.

Menurut aturan itu, seluruh museum, pusat kebugaran, pusat kebudayaan, resort ski, dan kolam renang akan ditutup. Akan tetapi, petugas medis belum diperbolehkan mengambil jatah cuti mengingat padatnya aktivitas di rumah sakit di tengah penyebaran virus.

Restauran dan bar juga hanya diperkenankan buka dari pukul 6 pagi sampai 6 sore. Aktivitas di dua tempat itu masih diizinkan tetap berlangsung selama pemilik kedai dapat menjamin tiap orang menjaga jarak sejauh setidaknya satu meter (sekitar satu yard).

Pemerintah Italia mengesahkan aturan baru itu beberapa jam setelah otoritas terkait mengumumkan jumlah pasien positif tertular virus mencapai 1.200 orang dalam waktu 24 jam. Sejauh ini, 5.883 pasien terinfeksi virus, tetapi 589 di antaranya telah dinyatakan sembuh.

Pemerintah Italia akhirnya memutuskan mengisolasi sejumlah wilayah di bagian utara negara tersebut dalam rangka mencegah penyebaran virus corona.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close