Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

2.856 Hektate Sawah di Kudus Gagal Panen, Pemerintah Akan Bantu Klaim AUTP

Jumat, 05 Februari 2021 – 20:23 WIB
2.856 Hektate Sawah di Kudus Gagal Panen, Pemerintah Akan Bantu Klaim AUTP - JPNN.COM
Pemerintah akan membantu klaim AUTP untuk petani di Kudus, yang lahan pertaniannya mengalami gagal panen. Foto: Kementan.

jpnn.com, KUDUS - Seluas 2.856 hektare dari 3.010 ha lahan pertanian di Kudus, Jawa Tengah, yang dilanda banjir mengalami gagal panen atau puso.

Pemerintah daerah (pemda) akan membantu proses klaim asuransi bagi petani yang ikut program Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan kalau ikut asuransi, maka petani akan tenang dalam menghadapi kondisi buruk.

Apalagi, Kementerian Pertanian (Kementan) bersama PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) telah meluncurkan aplikasi Proteksi Pertanian (Protan) untuk memudahkan petani mendaftar atau klaim asuransi.

“Petani harus selalu mengantisipasi kemungkinan yang terjadi di lahan pertanian, utamanya yang bisa menyebabkan gagal panen. Kondisi gagal panen bisa membuat petani merugi. Namun, kondisi tersebut bisa diatasi dengan asuransi,” kata Mentan SYL, Jumat (5/2).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Dirjen PSP) Kementan Sarwo Edhy menjelaskan upaya pencegahan maupun penanggulangan dampak hujan berupa banjir di area persawahan tahun ini akan lebih efektif.

Menurutnya, Kementan telah menyiapkan seluruh kebutuhan sarana prasarana.

Selain itu, katanya, pemerintah akan memberikan bantuan bagi para petani yang sawahnya terdampak banjir.

Pemerintah akan membantu klaim AUTP untuk petani di Kudus yang lahan pertaniannya gagal panen. Asuransi petani membantu dalam menghadapi kondisi buruk. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close