Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Bank Anggota Himbara Integrasikan Mesin EDC

Rabu, 22 November 2017 – 01:58 WIB
3 Bank Anggota Himbara Integrasikan Mesin EDC - JPNN.COM
Ilustrasi ATM. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Tiga bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memulai bersinergi untuk mengintegrasikan mesin electronic data capture (EDC).

Antara lain, EDC yang dimiliki Bank Mandiri, BNI, dan BRI nantinya dapat digunakan secara terintegrasi untuk enam merchant pertama yang merupakan perusahaan pelat merah.

Yakni, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Pegadaian (Persero), PT Kimia Farma Tbk, Telkom Indonesia, dan PT Pertamina Retail.

Pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memang telah merencanakan adanya integrasi antara EDC dengan ATM per Januari 2018.

Dengan pengintegrasian tersebut diharapkan mampu memangkas investasi pada sistem pembayaran bank pelat merah.

Bank Indonesia (BI) sendiri telah mengeluarkan izin bagi PT Jalin Pembayaran Nusantara untuk beroperasi sebagai perusahaan switching milik Himbara yang melayani transaksi domestik antar-bank-bank BUMN.

“Nantinya tiga EDC tadi menjadi satu EDC saja. Masing-masing memiliki interoperabilitas dengan yang lainnya,” ujar Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Jasa Konsultasi Kementerian ESDM Gatot Trihargo, Senin (20/11).

Menurut Gatot, mesin EDC yang kerap ditemukan di kasir pusat perbelanjaan maupun tempat-tempat umum saat ini terlalu banyak.

Tiga bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memulai bersinergi untuk mengintegrasikan mesin electronic data capture (EDC).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close